My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

AS dan Korsel Lakukan Latihan Perang di Laut Kuning

24 Oktober
14:50 2010
AS dan Korsel Lakukan Latihan Perang di Laut Kuning

AL Korea Selatan, www.armybase.us

Seoul – Dalam waktu dekat ini Korea Selatan dan Amerika Serikat akan mengadakan latihan perang bersama di Laut Kuning. Diperkirakan latihan gabungan ini akan mendapatkan protes dari Republik Rakyat China.

Kantor berita Korea Selatan, Yonhap mengatakan bahwa dalam latihan ini tidak akan melibatkan kapal induk Amerika Serikat karena khawatir hal itu dapat memicu ketegangan di sekitar semenanjung Korea menjelang KTT-G-20 di Seoul.

“Tidak akan ada pelatihan melibatkan sebuah kapal induk AS tahun ini,” ungkap pejabat senior Korea Selatan (Korsel) yang tidak disebut namanya.

Terkait pemberitaan ini, AFP menyebutkan bahwa Kementerian Pertahanan Korsel menolak berkomentar atas pembatalan pelibatan kapal induk ini.

Seoul akan menjadi tuan rumah para pemimpin dunia termasuk Presiden AS Barack Obama dalam KTT 11-12 November, dalam apa yang dianggap kegiatan terbesar negara itu di arena global sejak Olimpiade 1988 di ibu kota Seoul.

Setelah insiden tenggelamnya korvet Cheonan pada Maret lalu, Korea Selatan lebih sering mengadakan kegiatan latihan militer baik sendiri atau pun dengan melibatkan Amerika Serikat. Kegiatan latihan militer besar-besaran ini sebagai satu unjuk kekuatan terhadap Korea Utara.

Korsel menuduh Korut menembakan torpedo pada korvet Cheonan itu yang menewaskan 46 pelaut. Korut membantah terlibat dan mengacam akan melakukan pembalasan.

Pada 1 September, China melancarkan pelatihan angkatan laut dengan menggunakan peluru tajam setelah menyatakan penentangannya terhadap pelatihan militer gabungan itu.

Setiap pelatihan militer yang melibatkan AS di Laut Kuning adalah satu masalah peka karena dekatnya daerah itu dengan China dan perbatasan maritim yang disengketakan antara Korut dan Korsel. China menolak keras gagasan satu kelompok kapal induk AS mematroli perairan dekat pantainya.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS