My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Tjut Nya’ Dien Amankan Tiga Kapal Ikan Thailand

10 Desember
12:24 2008
Tjut Nya’ Dien Amankan Tiga Kapal Ikan Thailand

Ira Syofyanti – indosmarin.com

Jakarta – Satuan patroli Gugus Keamanan Laut Komando Armada RI Kawasan Barat (Guskamlabar) berhasil menangkap tiga kapal ikan Thailand. Diduga ketiga kapal ikan ini sedang melakukan penangkapan ikan di perairan Indonesia tanpa dilengkapi dengan dokumen yang sah sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang berlaku. Demikian disampaikan Kepala Dinas Penerangan Armabar (Kadispenarmabar) Letkol Laut (KH) Drs Supriyono, di Markas Komando Armabar Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat. Rabu (10/12).

Menurut Kadispen, ketiga kapal ikan Tahiland ini ditangkap KRI Tjut Nya’ Dien – 375 di perairan Kepulauan Natuna dalam suatu operasi keamanan laut. Dua kapal ikan Thailand yakni MV. Amtal-04 milik PT Maju Utama Karya yang dinahkodai Mr. Sun  dan MV. Thong Chaiwattana dengan dinahkodai Mr. Sunthon ditangkap diantara Pulau Jemaja dan Pulau Mangkai Kepulauan Anambas. Di dalam MV. Amtal-04 ditemukan sedikitnya 500 kg ikan campuran, sementara dalam MV. Thong Chaiwattana ditemukan sedikitnya 40 ton ikan campuran.

Sementara satu kapal tanpa nama berbobot 70 GT yang dinahkodai Mr. Ye dengan muatan satu ton ikan campuran ditangkap disekitar Pulau Timou. Setelah dilakukan pemeriksaan ketiga kapal ikan Thailand ini tidak memiliki Surat Ijin Penangkapan Ikan (SIPI) yang sah. Selanjutnya ketiga kapal ikan Thailand dan anak buah kapal langsung dikawal menuju Pangkalan Utama TNI AL IV Tanjung Pinang untuk di proses lebih lanjut sesuai hukum yang berlaku(*)

sumber foto: Antara foto

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS