My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Cuaca Buruk, Antrean Truk di Merak Capai Sebelas Kilometer

17 Maret
14:26 2012

PT ASDP

Merak – Buruknya cuaca beberapa hari terakhir menyebabkan kapal roro sulit berlayar dan masih bersandar di dermaga Pelabuhan Merak, Banten. Kondisi ini menyebabkan antrian truk di Pelabuhan Merak, Banten memanjang hingga 11 km mendekati ruas Jalan Cikuasa Atas, Cilegon.

“Kami sudah dua hari terakhir masih berada di Pelabuhan Merak dan belum menyeberang ke Bakauheni, Lampung,” kata Maryono, sopir truk pengangkut sepeda motor bertujuan Palembang.

Ia mengatakan, terjebak di Jalan Cikuasa Atas sejak Jumat (16/3) malam hingga kini kendaraan masih padat dan ribuan truk sulit bergerak karena kondisi pelayaran kapal roro tidak berjalan lancar akibat cuaca buruk.

“Kami berharap pengelola Pelabuhan Merak menambah jumlah kapal untuk mengatasi antrean kendaraan itu.” imbuhnya lagi.

Pelaksana Harian Manajer Operasional PT Angkutan, Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Ferry Merak Didi Juliansyah mengakui pihaknya belum mampu mengatasi antrean truk yang hendak menyeberang ke Pulau Sumatera akibat cuaca buruk yang melanda perairan Selat Sunda.

Saat ini juga jumlah trip atau perjalanan kapal roro lintas Merak-Bakauheni, Lampung, berkurang akibat cuaca buruk di perairan Selat Sunda.

Sekarang penyeberangan Merak-Bakauheni 70–75 trip, padahal normalnya 95 trip per hari. Dengan berkurangnya frekuensi penyeberangan ini maka terjadi kepadatan truk hingga mengular ke luar Pelabuhan Merak.

Ia mengatakan bahwa ASDP bekerja keras untuk mengatasi kepadatan kendaraan itu, namun tinggi gelombang 2,5 meter dan angin 25 knot menyebabkan aktivitas penyeberangan terganggu.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS