My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

CTI Selamatkan Terumbu Karang 75 Ribu Km

02 Mei
14:49 2009
CTI Selamatkan Terumbu Karang 75 Ribu Km

Manado – Coral Triangle Initiative (CTI) Summit yang akan digelar di Manado, 11-15 Mei 2009, diharapkan bisa menghasilkan berbagai keputusan penyelamatan terumbu karang seluas 75 ribu kilometer (Km) .

“Keberadaan terumbu karang di segi tiga emas meliputi enam negara Asia, semakin terancam akibat pemanasan global,” ujar Kepala Badan Riset Kelautan dan Perikanan, Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP), Gellwyn Yusuf kepada ANTARA Minggu (3/5) di Manado.

Enam negara terlibat langsung pada CTI Summit, yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua Nugini, Timor Leste, Salomon Island, serta dua mitra atau peninjau, Amerika Serikat dan Australia.

Terumbu karang terbesar seluas 75 ribu Km di ke-enam negara ini menurut sejumlah penelitian bahwa akan hilang pada 20 hingga 30 tahun kedepan.

Padahal terumbu karang sangat penting untuk menjaga kelestarian dan hayati laut, serta mampu menyerap karbon dioksida, katanya menambahkan.

Menurut rencana Penyediaan dana sekitar 250 juta dolar AS untuk menyelamatkan terumbu karang di segi tiga emas itu, akan segera ditetapkan pada CTI tingkat kepala negara di Manado, bersamaan dengan pelaksanaan World Ocean Conference (WOC).(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS