My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

CI Identifikasi Bali Miliki 25 Pusat Keanekaragaman Hayati Laut

10 Agustus
14:03 2010
CI Identifikasi Bali Miliki 25 Pusat Keanekaragaman Hayati Laut

Denpasar – Hasil Identifikasi lembaga Konservasi Internasional (CI) menunjukkan bahwa Bali memiliki 25 pusat kawasan keberagaman hayati laut. Namun 25 pusat kawasan keberagaman hayati laut tersebut hinngga saat ini belum terkelola.

Dari 25 kawasan pusat kawasan keragaman hayati tersebut diantaranya kawasan Nusa Dua, Uluwatu, Nusa Penida, Amed, Les, Lovina, Pemuteran dan Prancak.

Kepada Indosmarin.com, Direktur Program Kelautan CI, Ketut Sarjana Putra, mengungkapkan secara ekologi 25 pusat kawasan keberagaman hayati laut ini merupakan dapur dari ekonomi dan kelautan pesisir Bali.

Kawasan pusat keberagaman hayati laut tersebut juga merupakan kawasan sosial budaya masyarakat pesisir Bali.

“Dari sisi sosial budaya misalnya di Bali pantai sebagai tempat melasti, jika pusat kawasan ini tidak dikelola maka budaya melasti juga akan hilang, maka pusat kawasan ini tidak hanya memiliki fungsi ekologis tetapi juga sosial budaya” ujar Ketut Sarjana Putra yang ditemui di sela-sela peresmian Pusat Penelitian Keragaman Hayati Indonesia di Denpasar, Selasa (10/8).

Ketut Sarjana Putra mengatakan jika dilihat dari luas wilayah dari 25 pusat kawasan keberagaman hayati laut di Bali mencapai sekitar 70.000 hektar. Selain itu dari sekitar 70.000 hektar luas pusat kawasan keberagaman hayati laut tersebut keseluruhannya merupakan bagian dari kawasan segi tiga karang dunia.(Mul)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS