My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

CI: Alokasi Dana Bagi Sektor Kelautan di Daerah Masih Minim

16 Oktober
15:53 2013

Denpasar – Hasil evaluasi lembaga Conservation Internasional (CI) Indonesia menunjukkan bahwa alokasi pendanaan pemerintah daerah bagi sektor kelautan masih sangat kecil. Kondisi ini menjadi bukti bahwa pengelolaan kelautan di Indonesia belum mendapat perhatian dan belum menjadi prioritas pengembangan.

Manager Program Jejaringan Kawasan Konservasi Perairan, Conservation International (CI) Indonesia I Made Iwan Dewantama menyampaikan sebagai negara maritim seharusnya Indonesia memiliki arah kebijakan dan alokasi anggaran yang lebih besar pada sektor kelautan. Tetapi kenyataanya anggaran pemerintah terutama pemerintah daerah terhadap sektor kelautan sangat kecil.

“Kita tahu persis, anggaran daerah berapa sih untuk kelautan? 0,06 dari APBD masing-masing kabupaten, rata-rata, bayangkan kecil banget, bagaimana kita bicara laut kita akan baik kedepan? Bagaimana kita bicara kesejahteraan nelayan, anggaran pemerintah daerah sangat kecil” ujar I Made Iwan Dewantama, kepada Indosmarin.com Rabu (16/10).

Iwan Dewantama berharap pemerintah memberikan perhatian yang lebih bagi sektor kelautan dan menjadikan sektor kelautan sebagai salah satu sektor unggulan dalam pembangunan.

Dengan 17.504 pulau, Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Selain itu 65 persen dari total 467 kabupaten/kota yang ada di Indonesia berada di daerah  pesisir. Pada 2010 populasi penduduk Indonesia mencapai lebih dari 237 juta orang dan tercatat lebih dari 80% hidup di kawasan pesisir.(Mul)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS