My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

China Tertarik Proyek Pelabuhan di Papua

03 Januari
23:52 2011
China Tertarik Proyek Pelabuhan di Papua

China

Jakarta – China disebut-sebut tertarik berinvestasi pada proyek pelabuhan di Papua.

“Pada 5 Januari 2011 rencananya perwakilan China akan bertemu dengan Pemerintah Daerah Papua di Jayapura,” ungkap Menteri Perhubungan Freddy Numberi menjawab pertanyaan wartawan sebelum rapat evaluasi perekonomian di Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Senin (3/1).

Freddy menyebut China berminat pada proyek pelabuhan di Papua dan Papua Barat.

Freddy Numbery mengatakan, pertemuan tersebut untuk membicarakan mengenai peluang investasi China di Papua serta Papua Barat. Selain itu, Gubernur Papua juga akan memaparkan soal potensi di Papua.

Freddy menjelaskan, kerja sama dengan China termasuk dalam rencana pemerintah untuk menggalakkan kerja sama pemerintah-swasta atau “public private partnership” (PPP).

Menurut Freddy, dalam pertemuan tersebut diperkirakan akan ada sembilan perusahaan yang ikut untuk melihat potensi di Papua.

Selain perusahaan yang berkaitan dengan pelabuhan, lanjutnya, perusahaan yang bergerak dalam bidang semen dan tambang juga tertarik untuk berpartisipasi di pertemuan tersebut.

Freddy juga menyebut, China juga berminat untuk mengembangkan bandar udara di sana. “Bandar udara ada di Manokwari, Jayapura, Sorong, dan Biak. Nantinya akan dihidupkan seperti di Mimika,” jelasnya.

Ia menambahkan, nantinya Papua akan memiliki pelabuhan baru di beberapa wilayah, yakni Jayapura, Sorong, dan Biak.

“Ketiga wilayah ini disiapkan untuk memiliki pelabuhan internasional. Semuanya baru,” jelasnya.

Dia tidak menyebutkan secara rinci berapa besar wilayah yang disiapkan untuk menjadi pelabuhan. Namun, menurutnya, kapasitas pelabuhan akan besar.

“Karena pelabuhan tersebut bakal menampung kontainer,” katanya.

Saat ini, jelasnya, pembangunan infrastruktur dasar sudah mulai berjalan. Dia menjelaskan, kawasan pantai penimbunnya digunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Sedangkan dari pengembangan wilayah tersebut, kita harapkan China bisa berpartisipasi,” katanya.(Ant)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS