My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

China-Rusia Lakukan Latihan Bersama di Laut China Selatan

 Breaking News
12 September
12:50 2016
China-Rusia Lakukan Latihan Bersama di Laut China Selatan

Beijing – Angkatan Laut Republik Rakyat China dan Negara Federasi Rusia pada Senin hingga sepekan ke depan mengadakan latihan bersama di wilayah perairan Laut China Selatan (LCS).

Juru bicara Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAN) Liang Yang dalam keterangan resmi menegaskan latihan bertajuk Joint-Sea 2016 ini digelar di selatan wilayah perairan China di Provinsi Guangdong.

Seluruh personel dari pihak China dalam latihan tersebut berasal dari Armada Nanhai termasuk didalamnya sejumlah pasukan marinir.

Menurut Liang Yang, alutsista yang digunakan dalam latihan bersama tersebut antara lain kapal permukaan, kapal selam, pesawat terbang sayap tetap, kendaraan amfibi, jet-jet tempur, dan helikopter. Sedangkan materi latihan mencakup operasi anti-kapal selam, penyelamatan, operasi pendaratan, operasi pertahanan, operasi perebutan pulau dan lainnya.

Dalam laman AntaraNews disebutkan bahwa latihan bersama antara Angkatan Laut China dan Rusia, digelar kali pertama pada tahun 2012.

Selain itu, Rusia adalah pendukung utama Tiongkok dalam sengketa Laut China Selatan, khususnya setelah tuntutan Filipina dimenangkan mahkamah arbitrase di Belanda.

Tiongkok mengklaim hampir seluruh wilayah Laut China Selatan yang diprediksi kaya cadangan minyak dan gas serta merupakan lalu lintas barang yang bernilai 5 triliun dolar AS setahun. Namun, negara-negara lain seperti Malaysia, Brunei, Filipina, Vietnam dan Taiwan juga memiliki klaim serupa di sejumlah titik perairan tersebut.(Antara)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS