My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

China Kecewa Atas Dukungan AS Kepada Jepang Terkait Sengketa Kep. Senkaku

 Breaking News
13 Februari
21:04 2017
China Kecewa Atas Dukungan AS Kepada Jepang Terkait Sengketa Kep. Senkaku

Semarang – Presiden AS Donald Trump menyatakan dukungannya kepada Jepang dalam persoalan sengketa kepulauan di Laut China Timur. Atas dukungan AS ini Kementrian Luar Negeri China menyatakan kekecewaannya atas sikap AS tersebut.

Pernyataan dukungan AS kepada sekutu lama mereka pasca perang Dunia II ini diberikan saat pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, yang berlangsung akhir pekan kemarin di Amerika Serikat

Kedua pemimpin negara ini menegaskan bahwa Pasal 5 Perjanjian Keamanan AS – Jepang juga mencakup kepulauan yang disengketakan antaran Jepang dan China, yang oleh Jepang disebut sebagai kepulauan Senkaku dan oleh China disebut kepulauan Diaoyu.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang mengatakan China sangat prihatin dan tegas menentang terhadap keputusan tersebut, dan menambahkan bahwa pulau-pulau tersebut merupakan wilayah China sejak zaman kuno.

“Tidak peduli apa yang dikatakan orang, ini tidak dapat mengubah fakta bahwa Kepulauan Diaoyu adalah milik China, dan tidak dapat menggoyahkan tekad China untuk melindungi kedaulatan dan wilayah nasional,” kata Geng dalam sebuah jumpa pers harian di Beijing, seperti dikutip Reuters, Senin (13/2).

Dalam laman Bisnis Shuang juga menambahkan, AS dan Jepang memperhatikan apa yang mereka katakan dan lakukan serta berhenti membuat komentar yang salah untuk menghindari komplikasi masalah yang mempengaruhi perdamaian dan stabilitas regional.(Bisnis.com / G. Amalo)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS