My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

China Hibahkan Kapal Latih Perikanan

29 April
14:02 2008

Jakarta, Setelah lama menanti, akhirnya sebuah kapal latih perikanan tiba di Indonesia. Kapal latih ini merupakan hibah dari pemerintah Republik Rakyat China (RRC) dan akan dioperasikan Akademi Perikanan Sorong. Kapal ini merupakan bagian dari program kerjasama pengembangan teknik dan ekonomi antara Republik Indonesia dengan Republik Rakyat China yang ditandatangani tahun 2001 silam.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Freddy Numberi berharap kapal hibah ini dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan SDM di bidang penangkapan, pengolahan dan mesin kapal, sehingga dapat mendukung industrialisasi perikanan di Indonesia.

Kapal latih ini diberi nama KM. AIRAHA 02. AIRAHA adalah nama lokal jenis ikan marlin yang diambil dari bahasa Serui. Masih satu paket dengan kapal latih ini, pemerintah RRC juga memberikan bantuan peralatan penunjang workshop mesin dan elektronik, serta bantuan pelatihan teknis, dengan total nilai keseluruhan sebesar 10 juta Ren Min Bi Yuan.

KM. AIRAHA 02 beserta keenam awaknya berlayar dari Wei Hai – Cina pada 23 Maret 2008 dan tiba di Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman, Muara Baru – Jakarta, pada 4 April 2008. Setelah tiba di Jakarta, Tim Teknisi RRC ini melatih para calon perwira kapal dan ABK dari Akademi Perikanan Sorong, agar dapat mengoperasionalkan kapal sesuai persyaratan teknis kapal. Menurut rencana Kapal Latih KM. AIRAHA 02 ini akan berlayar menuju Sorong pada 2 Mei 2008.

KM AIRAHA 02 dibuat oleh Weihai Zhongfu Xigang Ship Co.Ltd dan selesai dibangun pada Desember 2007. Kapal ini merupakan kapal latih dengan alat tangkap Tuna Long Line dan Squid Jigging. Kapal berbahan Fiberglass ini memiliki panjang sekitar tigapuluh meter dan kecepatan jelajah hingga mencapai 12 knot.

Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS