My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

China Dukung Indonesia Tingkatkan Keamanan Selat Malaka

01 Juli
17:22 2009
China Dukung Indonesia Tingkatkan Keamanan Selat Malaka

kerjasama010709Beijing – China mendukung sepenuhnya upaya Indonesia menciptakan keamanan di Selat Malaka, khususnya bagi perlindungan pelayaran nasional dan internasional dari perompakan.

“Kami mendukung Indonesia dalam upaya menciptakan keamanan dengan memberantas perompak yang ada di Selat Malaka,” kata Menlu China Yang Jiechi, di Beijing, Rabu (1/7), ketika melakukan pertemuan dan pembicaraan dengan Menlu Hassan Wirajuda sebelum penandatanganan naskah kerjasama ekstradisi RI-China.

Menurut dia, situasi aman dari perompak di wilayah Selat Malaka sangat penting bagi kelancaran pelayaran internasional, sehingga China berharap agar Indonesia bisa menciptakan situasi aman di selat itu.

Pemerintah China sendiri, katanya, mengajak dan siap melakukan upaya pengamanan bersama dengan Indonesia di wilayah Selat Malaka apabila memang dibutuhkan.

“Kami sangat menghormati peran penting Indonesia dalam upaya menciptakan keselamatan pelayaran di Selat Malaka,” katanya.

Menlu Hassan mengucapkan terima atas dukungan China dalam upaya menciptakan kawasan aman dari perompak di Selat Malaka dan upaya tersebut sampai kini terus dilakukan.

Indonesia, katanya, selama ini terus berupaya dengan kemampuan yang ada untuk bisa menciptakan situasi aman Selat Malaka sehingga kapal yang melintas bisa aman.
“Beberapa saat lalu ada beberapa negara asing yang ingin membantu Indonesia menjaga keamanan di Selat Malaka, tapi kita tolak,” kata Menlu Hassan.

Indonesia memandang strategis dan penting keberadaan Selat Malaka yang banyak dilalui oleh sejumlah pelayaran internasional, sehingga upaya aman diupayakan bisa tetap terjaga.(Ant)

Tags
Share

1 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS