My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

China dan Jepang Kembali Berunding Soal Pulau Sengketa

16 Oktober
13:53 2013

Tokyo – Seorang pejabat senior pemerintah China secara diam-diam mengunjungi Jepang untuk berunding dengan para pejabat Jepang dengan tujuan memperbaiki hubungan bilateral yang rusak akibat satu pertikaian wilayah, kata laporan-laporan, Selasa (15/10).

Perundingan itu melibatkan seorang pejabat tinggi dari divisi Asia di Kementerian Luar Negeri dan diperkirakan diselenggarakan awal Oktober lalu, kata kantor berita Jepang Jiji Press dari Beijing, dengan mengutip pernyataan sumber-sumber pemerintah.

Seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Jepang menolak memberi komentar mengenai isi dari laporan itu, dengan mengatakan, “Jepang dan China telah melakukan berbagai pertukaran kunjungan pada berbagai tingkat.”

Dalam lawatan itu, pejabat China itu berusaha membuat kemajuan bagi KTT antara kedua pihak, kata kantor berita Jepang Kyodo, yang mengutip sumber-sumber yang punya hubungan dekat dengan Jepang-China.

Tetapi perundingan-perundingan itu gagal mencapai kemajuan, tambah sumber-sumber itu, dengan mengatakan tidak jelas apakah para pejabat itu akan bertemu kembali.

“Pada saat ini situasi tidak memungkinkan Jepang dan China melakukan pendekatan bagi satu pertemuan puncak. Kedua negara memiliki satu perbedaan luas dalam persepsi,” kata Kyodo mengutip satu sumber yang tidak disebut namanya.

Hubungan Tokyo-Beijing tegang pada September menyangkut kepemilikan kepulauan Senkaku, yang dikuasai Jepang dan juga diklaim China yang menamakannya Diaoyu. AFP melaporkan pertikaian menyangkut pulau-pulau di Laut China Timur itu menyebabkan kemungkinan terjadi konfrontasi bersenjata.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berhasil melakukan pertemuan singkat dan bersalaman dengan Presiden China Xi Jinping pekan lalu di sela-sela KTT Asia-Pasifik di Indonesia. Tetapi China menolak satu perundingan resmi antara mereka karena sengketa kepulauan itu.
Abe tidak melakukan perundingan resmi dengan para pemimpin China dan Korea Selatan sejak memangku jabatan Desember lalu. Tokyo juga terlibat sengketa dengan Seoul menyangkut satu gugusan pulau yang dikuasai Korea Selatan.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS