My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Cegat Pesawat China di Kepulauan Sengketa, Jepang Kerahkan Jet Tempur

10 Januari
20:12 2013
Cegat Pesawat China di Kepulauan Sengketa, Jepang Kerahkan Jet Tempur

F-15 J (ilustrasi)

Tokyo – Jepang mengerahkan sejumlah jet tempur menghadapi pesawat tempur China yang terbang di wilayah udara kawasan sengketa kedua negara, lapor media Jepang, Kamis (10/1).

Fuji TV melaporkan radar Jepang menangkap sinyal pesawat China yang terbang di area Kepulauan Senkaku. China mengklaim Kepulauan Senkaku sebagai miliknya, yang juga secara sepihak dan agresif mengklaim hampir seluruh Laut China Selatan.

Tidak dijelaskan apakah pesawat china tersebut merupakan pesawat terbang sipil atau militer. Pusat informasi Kementerian Pertahanan Jepang tidak memberikan konfirmasi atas kejadian itu.

Pesawat China pergi setelah jet tempur F-15 lepas landas dari kawasan militer Pulau Okinawa.

Kapal dan pesawat China kerap melintas di kawasan sengketa sejak Jepang menasionalisasi Kepulauan Senkaku pada September 2012 lalu. Bahkan Armada China sampai mendekat ke 12 mil zona pantai.

Harian Sankei Shimbun melaporkan Pasukan Bela Diri Udara Jepang mengerahkan jet tempur untuk mengusir pesawat China yang sering mendekat dalam beberapa bulan terakhir.

F-15 Jepang juga sering diterbangkan selama empat kali pada Desember termasuk ketika wilayah udara Jepang dilanggar, kata Menteri Pertahanan Jepang, Itsunori Onodera.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *