My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Captain James Cook Pernah Singgah di Sabu

16 Juni
13:45 2008
Captain James Cook Pernah Singgah di Sabu

Hari Suroto-Indosmarin.com

Makassar – Dalam catatan kompeni, satu-satunya yang menjadi masalah bagi kompeni adalah mencari orang yang bersedia dan cukup tabah untuk ditempatkan sebagai pejabat kompeni di pulau ini. Orang Belanda mengatakan Pulau Sabu sebagai “sebongkah batu di tengah samudera luas“.

Pada tahun 1674, sebuah kapal Belanda “de Kerper”, terdampar di pantai timur Pulau Sabu, seluruh anak buahnya, termasuk pejabat-pejabat kompeni dibantai habis. Orang Sabu memang terampil dalam olah senjata dan terkenal sebagai pejuang yang gigih dan berani.

Kapten James Cook sebelum menemukan Benua Australia, dengan kapal Endeavour -nya pernah singgah di pulau ini pada 17 – 21 September 1770. James Cook mencatat bahwa orang Sabu biasa melempar tombak dari jarak 60 kaki dan langsung menembus jantung lawan. Kenyataan ini memberi ilham pada kompeni untuk memanfaatkan keahlian penduduk Sabu.

Pada 6 Juni 1756 ditandatangani perjanjian Paravinci, antara Sabu dengan kompeni. Salah satu isi perjanjian ini adalah Raja Sabu wajib menyediakan tenaga militer, untuk membantu pertahanan Belanda di Kupang. Lantas dari 1758 sampai 1761, Hans Albert von Pluskow perwira tinggi kompeni asal Jerman yang penuh semangat, melibatkan orang-orang Sabu dalam berbagai ekspedisi militer. Pada 1838 orang Sabu dikirim ke Sumba untuk menghalangi serbuan orang Ende, yang biasa menjarah budak(*)

foto: http://en.wikipedia.org/wiki/James_Cook

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS