My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Bupati: Butuh 25 Miliar Rupiah untuk Mencegah Abrasi Pulau Marore

03 Juni
16:00 2012

Pulau Marore

Manado РBupati Sangihe, Hironimus R Makagansa mengatakan, perlu Rp25 miliar  untuk mencegah meluasnya abrasi di Pulau Marore dengan membangun talud.

“Panjang lingkar pulau Marore sekitar tujuh kilometer. Dan yang baru dibangun talud pengaman pantai kurang lebih dua kilometer atau masih ada sekitar lima kilometer lagi yang harus dibangun talud,” katanya, di Manado, Minggu (6/3).

Ia mengatakan dana untuk membangun bangunan penahan pantai itu dapat bersumber dari APBD Talaud, APBD Sulawesi Utara, serta dari Badan Pengelola Wilayah Perbatasan.

“Setelah diletakkan talud pengaman pantai, secara bertahap juga akan dibangun jalan lingkar pulau untuk membantu akses ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Selain mengupayakan dibangunnya talud pengaman pantai, pemerintah kabupaten juga akan menggerakkan masyarakat melakukan kegiatan penanaman mangrove di pesisir pantai.

Mangrove ini, akan menjadi penyanggah daratan di pulau-pulau terluar dari ancaman abrasi. Pulau terluar yang ada di Kabupaten Sangihe seperti Pulau Matutuang, Pulau Kawio, Pulau Kawaluso dan Pulau Marore.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS