My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

BPS Jember: Ada 67 Pulau Kecil Tak Berpenghuni di Jember

 Breaking News
24 November
13:21 2014
BPS Jember: Ada 67 Pulau Kecil Tak Berpenghuni di Jember

Jember – Badan Pusat Statistik mencatat Kabupaten Jember, Jawa Timur, memiliki sebanyak 67 pulau kecil yang tidak berpenghuni di sekitar perairan kabupaten setempat.

“Terdapat sebanyak 67 pulau yang semuanya saat ini tidak dihuni manusia, namun jika melihat riwayat sejarahnya ada di antara pulau-pulau itu yang dulu pernah dihuni,” kata Kepala BPS Jember Wahyudi, Senin.

Dari puluhan pulau tersebut, sebanyak 16 pulau di antaranya sudah memiliki nama yakni Pulau Nusa Barong, Gilen, Leande/Batu Mandi, Endokdokan, Watuajir, Matikan, Sraja, Meran, Moestaka, Loe Toeng, Karang Bolong, Watoepager, Pisang, Bandealit, Singa, dan Merue.

“Dari 16 pulau yang sudah memiliki nama, tiga pulau merupakan kawasan suaka alam yakni Pulau Nusa Barong, Gilen, dan Leande,” tuturnya.

Menurut dia, perkiraan luas masing-masing belasan pulau yang bernama tersebut bervariasi dari yang terbesar yakni Pulau Nusa Barong mencapai 7.482 hektare, sedangkan yang terkecil adalah Pulau Watoepuger dengan luas 1,25 hektare.

Pulau Nusa Barong merupakan kawasan Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur III di Jember karena masuk kawasan konservasi alam.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS