My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

BNPB: Gempa Guncang Tiga Wilayah di Indonesia

29 Mei
09:27 2011

BNPB

Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan tiga wilayah di Indonesia yakni Krui Lampung, Melonguane Sulawesi Utara dan Cilacap Jawa Tengah di guncang gempa pada Minggu (29/5) dini hari.

“Sejak pagi tadi ada tiga gempa di tiga wilayah Indonesia,” kata Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Minggu (29/5) pagi.

Sutopo menjelaskan, di Krui Lampung Barat gempa bumi berkekuatan 6,3 SR terjadi pada pukul 00.07 WIB. Pusat gempa terjadi di 119 kilometer Barat Daya Krui Lampung dengan kedalaman 10 kilometer.

“Tidak ada korban jiwa dan kerugian materi pada kejadian tersebut,” katanya.

Seperti yang diberitakan Antaranews.com Purwo Nugroho juga menambahkan gempa dirasakan di Liwa dan Kepahiang juga Kotabumi namun gempa tidak berpotensi tsunami.

“Warga sempat panik namun kini telah kembali kondusif,” katanya.

Sementara di Melonguane Sulawesi Utara gempa berkekuatan 6.0 SR terjadi pada pukul 03.17 WIB. Pusat gempa berada di 222 kilometer Timurlaut Melonguane Sulawesi Utara.

“Tidak ada korban jiwa dan kerugian materi pada gempa di Sulawesi Utara, situasi juga cukup normal,” katanya.

Sementara itu, gempa berkekuatan 5,3 SR terjadi di Cilacap Jawa Tengah pada pukul 03.28 WIB dan berpusat di 121 kilometer Baratdaya Cilacap.

“Sama dengan dua kejadian lainnya tidak ada korban jiwa dan kerugian materi pada gempa tersebut,” katanya.

Hingga saat ini BNPB masih berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk menindaklanjuti dan memantau tiga gempa itu.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS