My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

BMKG Peringatkan Gelombang Laut Arafuru 4-5 Meter

04 Agustus
04:07 2009
BMKG Peringatkan Gelombang Laut Arafuru 4-5 Meter

dampakelnino-170709-2Jayapura – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai gelombang Laut Arafuru yang diperkirakan mencapai 4 – 5 meter sampai Selasa (4/8).

BMKG yang prakiraannya dipantau di Jayapura, Selasa (4/8) menyebutkan, peringatan untuk gelombang dengan tinggi yang sama berlaku pula di Samudera Pasifik utara Halmahera, perairan Kepulauan Tanimbar dan Kepulauan Kai, perairan Sangihe Talaud, Laut Andaman serta Laut China Selatan.

Sementara itu, di perairan Kepulauan Aru, Laut Aru, Laut Banda, Laut Buru dan Laut Seram, perairan selatan Ambon, Laut Halmahera serta perairan selatan Rote, gelombang berkisar 3 – 4 meter.

Demikian pula halnya di Laut Sawu, perairan selatan Jawa hingga Bali dan perairan utara Aceh.

Sedangkan gelombang setinggi 2 – 3 meter mungkin terjadi di Laut Timor, Laut Maluku, Laut Sulawesi, perairan selatan Sulawesi dan perairan selatan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Selanjutnya di Laut Jawa bagian timur, Selat Makassar bagian selatan dan Selat Sunda bagian selatan, Selat Karimata, Laut Natuna, perairan barat Bengkulu hingga Lampung, perairan Mentawai, perairan barat Kepulauan Nias serta perairan barat Aceh.

Adapun prakiraan cuaca di sejumlah daerah di Papua hari ini hingga esok Rabu (5/8) menunjukkan berawan dan hujan ringan.

Cuaca berawan berpeluang terjadi di Jayapura dan Sorong dengan suhu masing-masing berkisar 24 – 32 derajat dan 24 – 31 derajat celsius.

Demikian pula di Manokwari dengan suhu 25 – 32 derajat dan di Merauke dengan suhu 23 – 30 derajat.

Sedangkan hujan ringan mungkin terjadi di Biak dengan suhu minumum 25 dan maksimum 30 derajat.(Ant)

1 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS