My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

BMKG: Gelombang Perairan Maluku Utara Capai Tiga Meter

21 Juli
10:43 2012

Ternate – Badan Meteorologi, Kilimatologi dan Geofisika (BMKG) Ternate, menyatakan perairan di Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Maluku Utara (Malut), mencapai tiga meter.

“Untuk beberapa hari ke depan, gelombang tinggi di perairan Malut akan terjadi di perairan Kepsul yakni mencapai tiga meter, sedangkan di perairan Pulau Halmahera capai 2,5 meter,” kata Prakirawan Cuaca BMKG Ternate, Emmy Purnasholiha di Ternate, Sabtu (21/7).

Emmy meminta agar kapal penumpang dan kapal nelayan khususnya yang berukuran kecil waspada saat berada di ketiga perairan tersebut, karena ketinggian gelombang tersebut bisa membahayakan keselamatan kapal.

Ia mengatakan, kondisi ketinggian gelombang di ketiga daerah tersebut diinformasikan kepada Adpel serta berbagai pihak terkait lainnya di daerah ini, agar mereka bisa menginformasikan kepada nakhoda kapal.

Tingginya gelombang di perairan Malut disertai hujan mempengaruhi aktivitas kapal penumpang berukuran kecil dan perahu motor dari Ternate ke sejumlah daerah di Halmahera dan Tidore Kepulauan.

Ia mengatakan, curah hujan masih akan terjadi di seluruh kabupaten/kota di Malut pada Juli ini dengan intensitas sedang hingga lebat.
Untuk itu, masyarakat yang berada di daerah rawan banjir seperti di bantaran sungai harus waspada karena tidak tertutup kemungkinan hujan itu akan menimbulkan banjir.

Masyarakat di Malut juga diminta mewaspadai kemungkinan adanya angin kencang dari arah barat daya dalam beberapa hari ke depan kecepatan angin di Malut mencapai 9-27 Km per jam.(Ant)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS