My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

BMKG: Gelombang Perairan Labuan Capai 2,5 Meter

10 Januari
23:27 2012

BMKG

Lebak – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Serang, Banten, memprakirakan gelombang perairan Labuan Kabupaten Pandeglang selama dua hari mendatang berkisar 0,7 meter sampai 2,5 meter dengan kecepatan angin 30 kilometer per jam.

Koordinator Unit Analis Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Serang, Halim Perdanakusumah, Selasa (10/1), menyebutkan, prakiraan tinggi gelombang Perairan Labuan mencapai 2,5 meter dengan rata-rata kecepatan angin berkisar antara tiga sampai 15 knot.

Tiupan angin dan gelombang bergerak dari barat dengan jarak pandang empat sampai delapan kilometer.

Selain itu juga cuaca berawan berpeluang hujan ringan dan sedang terjadi pagi hingga sore hari. Suhu pada siang hari berkisar antara 23 derajat sampai 30 derajat Celcius. Sedangkan, tingkat kelembaban udara berkisar 75 persen sampai 95 persen.

Selama ini, nelayan di pesisir Perairan Labuan meliputi Pantai Carita, Panimbang, Sumur, Tanjung Lesung dan Ujungkulon diminta waspada karena peluang gelombang mencapai tiga meter.

“Kami minta nelayan pesisir Labuan selama beberapa hari ke depan tetap waspada gelombang tinggi,” ujarnya.

Sementara itu, sejumlah nelayan tempat pelelangan ikan (TPI) Teluk II Labuan mengaku selama beberapa hari terakhir tangkapan ikan tampak berkurang akibat gelombang tinggi yang melanda Perairan Labuan.

Mereka kebanyakan nelayan tidak melaut karena cuaca memburuk, selain gelombang cukup tinggi disertai angin dan sering dilanda hujan.

“Kami saat ini enggan melaut karena tangkapan berkurang dan tidak sebanding dengan biaya produksi,” kata Nana (45) seorang nelayan Labuan warga Teluk Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang.(Ant)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS