My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

BMKG Bengkulu Imbau Nelayan Waspadai Gelombang Tinggi

21 Mei
07:28 2011

BMKG

Bengkulu – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu mengimbau kepada seluruh nelayan agar mewaspadai ancaman gelombang laut tinggi antara tiga hingga empat meter di samudra Hindia Barat Enggano, Bengkulu.

“Gelombang laut tinggi empat meter itu juga berpeluang terjadi hingga Selatan Jawa,” ungkap Rosyidah, analisis BMKG stasiun Meteorologi Klimatologi Fatmawati Soekarno Bengkulu, Sabtu (21/5).

Gelombang laut tinggi itu antara lain pengaruh angin kencang dari arah Timur hingga Selatan rata-rata dengan kecepatan 07-20 knots, demikian juga angin di perairan Enggano kecepatannya berkisar 07-18 knots.

Rosyidah juga memperkirakan gelombang laut di Samudra Hindia Barat Bengkulu 12 jam ke depan tinggi antara 1,5 hingga 3,5 meter, sedangkan gelombang laut di perairan Bengkulu tingginya antara 1,5 hingga 2,5 meter.

Pada peringatan dini BMKG juga memperkirakan gelombang laut dengan tinggi antara dua hingga tiga meter berpeluang terjadi di perairan Bengkulu, perairan Enggano, Perairan Lampung hingga Selat Sunda.

Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di wilayah Sumatera bagian Utara hingga Barat, Bengkulu dan Lampungserta Samudera Hindia Barat Nias hingga Selatan Lampung.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Timur Laut hingga Barat Daya dengan kecepatan berkisar 08-28 kilometer perjam atau antara 05 – 18 knots.

Perkiraan cuaca di wilayah Bengkulu 12 jam ke depan berpeluang cerah berawan namun berpotensi turun hujan ringan pada sore hingga malam hari, suhu udaranya berkisar antara 23-32 derajat celcius dan kelembabannya antara 60-98 persen.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS