My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

BKSDA Bali Sita Ratusan Kerang Dilindungi

24 September
01:53 2008
BKSDA Bali Sita Ratusan Kerang Dilindungi

Muliarta – indosmarin.com

Denpasar – Ratusan kerang yang masuk dalam kategori dilindungi diamankan oleh Balai Konservasi dan Sumberdaya Alam (BKSDA) Bali. Kerang jenis Triton Trompet atau Charonia tritonis dan Nautilus Berongga atau Nautilus pompillius yang merupakan jenis kerang yang dilindungi. Menurut rencana kerang-kerang ini akan diselundupkan ke Kaledonia Baru melalui jasa pengiriman Pasifik Ekspress.

Ratusan kerang yang dikemas dalam 15 koli ini kini disita oleh BKSDA Bali. Penyitaan kerang dilindungi berhasil dilakukan oleh BKSDA Bali setelah mendapatkan laporan dari petugas kargo Bandara Internasional Ngurah Rai Bali. Namun hingga kini pengirim kerang tersebut belum diketahui.

Kepala BKSDA Bali Istanto pada keterangannya (24/9) menyampaikan motif penyelundupan kerang jenis dilindungi ini menggunakan motif pengiriman garmen, sebab kerang-kerang tersebut dibungkus dalam berbagai produk garmen.

“Modusnya ada yang beberapa dicampur dengan kain, kemudian dia tidak melaporkan jenisnya itu apa. Pengirimannya dengan campur-campur ada yang garmen atau kerajinan yang kecil-kecil” papar Istanto kepada indosmarin.com

Istanto memperkirakan kerang-kerang yang diselundupkan melalui Bali tersebut berasal dari Sulawesi dan Maluku. Mengingat di Bali tidak pernah ditemukan adanya kerang jenis Triton Trompet dan Nautilus Berongga.

Istanto menyebutkan pelanggaran terhadap penyelundupan hewan dan tumbuhan dilindungi dapat dikenakan sanksi 5 tahun penjara atau denda hingga 200 juta rupiah sesuai Undang-Undang No.5 tahun 1990 tentang konservasi sumberdaya hayati dan ekosistem(*)

Sumber foto: www.papuaweb.org

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS