My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Belanda Adili Lima Perompak Somalia

06 Desember
07:41 2010

Perompak Somalia

Amsterdam – Para jaksa Belanda akan mengadili lima orang diduga perompak Somalia atas tuduhan pembajakan sebuah kapal pesiar Afrika Selatan bulan lalu, kata para penuntut umum itu pada Minggu (5/12). Mereka menambahkan bahwa tersangka kini dalam perjalanan ke negeri Belanda.

Kelima pria, berusia antara 20 dan 30 tahun itu, dituduh membajak kapal pesiar Choizil Afrika Selatan di lepas pantai Tanzania pada 7 November, kata jaksa dalam sebuah pernyataan.

Satu gugus tugas anti-pembajakan Uni Eropa di daerah tersebut, yang termasuk kapal angkatan laut Belanda, menyelamatkan salah satu dari kapal pesiar Afrika Selatan itu, namun dua anggota awaknya dibawa ke darat sebagai sandera.

Jaksa mengatakan, lima tersangka adalah di antara 20 warga Somalia ditangkap oleh kapal Belanda. Yang lainnya dibebaskan karena tidak ada bukti yang cukup untuk menangkap mereka.

Geng-geng bersenjata berat itu telah menyita puluhan kapal di Samudra Hindia dan Teluk Aden dalam beberapa tahun terakhir.

Somalia tidak memiliki infrastruktur hukum untuk membawa kasus itu ke pengadilan dan bajak laut yang ditangkap sering dibebaskan karena perbedaan pendapat mengenai di mana negara yang harus mengadili mereka.

Sebagian besar para perompak yang telah ditangkap diadili di Kenya atau Seychelles.

Satu pengadilan Belanda telah menjatuhi hukuman sampai lima tahun penjara terhadap lima warga Somalia untuk kasus perompakan.

Pengadilan Amerika Serikat juga menjatuhi hukuman kepada seorang pembajak Somalia pada bulan lalu, dan sepuluh lainnya yang dicurigai sebagai perompak Somalia telah diadili di Jerman.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS