My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

BBM Langka, Puluhan Kapal Tertahan di Pelabuhan Gresik

10 Mei
20:56 2012

Gresik – Sedikitnya 50 kapal perdagangan pengangkut barang tertahan di Pelabuhan Gresik, Jawa Timur, karena tidak mendapat pasokan bahan bakar minyak (BBM) dari Pertamina.

Kepala Seksi Kepelabuhanan Adpel Gresik, Nanang Afandi, Kamis (10/5) mengatakan, tertahannya puluhan kapal pengangkut sejumlah barang itu sudah berlangsung selama dua bulan terakhir.

“Iya mas ada sekitar 50 kapal yang belum terlayani BBM oleh Pertamina. Itu karena terbatasnya kuota BBM subsidi dari Pertamina, dan kini sejumlah pemilik kapal sudah berkirim surat ke Pertamina,” kata Nanang ketika dikonfirmasi.

Ia mengatakan sebagian besar kapal yang tertahan merupakan kapal pengangkut barang seperti kelontong yang akan dikirim ke Pulau Kalimantan dan Sulawesi.

“Kalau secara jelas jenis dan nama kapal saya kurang tahu, namun memang sudah dua bulan ini 50 kapal yang belum terlayani BBM,” katanya.

Sementara salah satu nahkoda kapal Hendri mengaku, kerugian akibat tertahannya kapal miliknya mencapai jutaan rupiah.

Ia mengaku, kerugian akibat tertahannya kapal salah satunya adalah terkena klaim dari pemilik barang, karena sudah terlalu lama berada di kapal.

Meski demikian, pihaknya akan terus berusaha mengajukan permohonan agar mendapat BBM dari Pertamina bersama sejumlah nahkoda kapal lainnya yang juga tertahan.

“Sejak awal kami sudah melaporkan hal ini ke Pertamina juga, namun belum ada tanggapan. Oleh karena itu kami akan terus berusaha mengajukannya,” katanya.

Hendri berharap, pasokan BBM segera didatangkan agar barang yang berada di kapal bisa segera dikirimkan ke tujuan dan tidak mengalami kerusakan.

Hingga kini, pihak Pertamina belum dapat dikonfirmasi tentang keluhan para pengemudi kapal itu.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *