My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Banyak Pulau Luar Nias Dimiliki Asing

13 Desember
02:39 2009
Banyak Pulau Luar Nias Dimiliki Asing

dsc00034Medan – Pulau-pulau terluar yang ada di Nias, Sumatera Utara, banyak “dikuasai” orang asing akibat minimnya pengawasan dari pemerintah setempat, kata penanggung jawab anjungan Kabupaten Nias, Julius Nduru di Pekan Raya Sumatera Utara di Medan, Minggu (13/12).

“Beberapa pulau-pulau terluar di Kepulauan Nias diduga sudah dikuasai oleh orang asing dan pulau-pulau tersebut untuk kepentingan pariwisata karena daya tarik keindahan pantai dan potensi gelombang laut untuk berselancar,” paparnya.

Menurutnya, pulau-pulau tersebut rata-rata tak terurus oleh pemerintah setempat sehingga warga negara asing datang ke pulau-pulau yang rata-rata memiliki potensi dan daya tarik keindahan luar biasa.

Pulau Nias dikenal sebagai salah satu kawasan berselancar yang sering dijajal oleh atlet-atlet kelas dunia dan menjadi surga olahraga selancar.

“Jadi tidak usah heran kalau wisatawan asing datang beramai-ramai mengunjungi pulau ini untuk menghabiskan waktunya berselancar dan berliburan,” katanya.

Selain itu, jumlah aparat keamanan tidak sebanding dengan banyaknya pulau-pulau terluar di Nias sehingga minimnya pengawasan terhadap pulau tersebut.

“Wajar jika kemudian ada orang asing dengan mudah bisa membeli pulau-pulau tersebut, karena pengawasan kurang. Mereka kemudian bisa membangun villa, resor atau semacamnya,” Julius Nduru. (Ant)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS