My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Bangun Sadar Lingkungan, Greenpeace Sambangi Jayapura

06 Oktober
01:57 2008
Bangun Sadar Lingkungan, Greenpeace Sambangi Jayapura

Hari Suroto – indosmarin.com

Jayapura – Dalam rangka kampanye penyelamatan hutan alam tropis yang masih tersisa, Greenpeace Southeast Asia melakukan kunjungan ke beberapa pelabuhan di Indonesia. Salah satunya adalah Pelabuhan Jayapura – Papua, yang merupakan pelabuhan pertama yang dikunjungi tim Greenpeace

Tidak seperti biasanya, kunjungan Greenpeace kali ini menggunakan kapal MV Esperanza. Dalam kunjungannya ini Greenpeace mengikutsertakan tigapuluh aktivis yang berasal dari beberapa negara antara lain Amerika Serikat, Inggris, China, Australia, Belanda , dan juga Indonesia. Kapal buatan Polandia ini bertonase 2076 Brt dengan panjang 72,3 m, mampu berlayar dengan kecepatan 16 knots. Guna memantau kondisi hutan dari udara, kapal ini juga dilengkapi dengan helipad, sebagai tempat mendaratnya helikopter.

Dipilihnya Papua sebagai tempat yang pertama kali dikunjungi karena Papua memiliki hutan alam tropis terbesar yang masih tersisa di Indonesia . Dijadwalkan kapal ini berlabuh di Pelabuhan Jayapura selama tiga hari, mulai dari 6 – 8 Oktober. Tiba di Jayapura, kapal dan aktifis Greenpeace ini disambut dengan tari-tarian adat serta walikota Jayapura, Drs. M.R.kambu, M.Si dan seluruh undangan yang hadir.

Selama berada di Jayapura, para aktifis Greenpeace ini melakukan beberapa kegiatan yang diharapkan dapat membangun kesadaran masyarakat terhadap gerakan penyelamatan lingkungan dan hutan yang masih tersisa. Salah satu programnya adalah mengkampanyekan penghentian penggundulan hutan yang masih kerap terjadi di Papua. Adapun program kampanye ini dilakukan dengan mengelar pameran foto lingkungan hidup di atas kapal serta mengadakan pertemuan dengan pemerintah daerah dan Masyarakat setempat(*)

Sumberfoto: Greenpeace Southeast Asia

1 Komentar

  1. zee
    zee Oktober 15, 06:06

    Saya berharap semoga ada informasi lain,terutama tentang kelautan dan kegiatan kapal kapal Greenpeace yang lainnya juga liputan lokalnya.

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *