My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Bandeng Cocok Dikembangkan di Muara Dua

 Breaking News
04 Mei
17:48 2015
Bandeng Cocok Dikembangkan di Muara Dua

Lhokseumawe – Areal pertambakan di Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, layak dikembangkan ikan bandeng, karena selain didukung faktor alam juga memiliki akses besar terhadap usaha komoditi tersebut.

Camat Muara Dua Bukhari di Lhokseumawe Senin mengatakan, areal pertambakan milik warga di daerahnya terbentang sepanjang aliran Sungai Krueng Cunda, mulai dari Desa Panggoi hingga kawasan Kandang yang berbatasan dengan Kecamatan Blang Mangat.

Dikatakan, sejauh penelusuran terhadap usaha rakyat di bidang budidaya perikanan, jenis ikan bandeng sangat layak dikembangkan di kawasan Kecamatan Muara Dua.

Alasannya, menurut Bukhari, petani tambak di kawasan Kecamatan Muara Dua, telah lama membudidayakan bandeng, bahkan jenis ikan yang berasal dari daerah ini memiliki citarasa yang berbeda dari jenis ikan yang sama di wilayah lain.

Namun, kata dia, budidaya ikan bandeng yang dilakukan petani tambak selama ini, masih sangat terbatas dari segi pembudidayaannya, baik teknologi pembudidayaan maupun perlakuan intensifikasi pembudidayaan lainnya.

“Petani tambak masih sangat tradisional sekali dalam membudidayakan bandeng. Semata-mata hanya mengandalkan cara alamiah dan juga pakannya masih mengandalkan lumut dari hasil pengeringan lumpur,” ungkap Bukhari.

Oleh karena itu, melihat besarnya potensi terhadap jenis komoditi bandeng di wilayahnya, sangat diharapkan, dengan luasnya areal pertambakan yang ada, supaya dapat digali secara optimal melalui berbagai program pemberdayaan petani tambak.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *