My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Badai Tropis Lawrence Akan Lewati Perairan NTT

13 Desember
16:07 2009
Badai Tropis Lawrence Akan Lewati Perairan NTT

logo-bmgKupang – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini bagi masyarakat mengenai akan adanya badai tropis Laurence di perairan sebelah tenggara Nusa Tenggara Timur.

Badai Laurence kemungkinan akan membentuk daerah pumpunan angin yang memanjang dari Sulawesi bagian selatan hingga Laut Timor dan berpeluang memunculkan awan-awan hujan di timur serta selatan katulistiwa, kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi, Stasiun Metereologi El Tari Kupang, Agus Tjatur Iswahjuanto, Minggu (13/12).

Meski badai itu saat ini masih berada di perairan Australia, semua pihak terutama para nelayan dan pelaut atau pun masyarakat umum yang berencana melakukan perjalanan laut diminta untuk selalu mewaspadai fenomena ini.

Peringatan dini ini, katanya, berlaku antara Minggu (13/12) hingga Senin (14/12) karena itu harus selalu berwaspada kapan dan di mana saja mengingat cuaca sering tidak berkompromi.

Dikatakan, saat ini tekanan udara masih berada pada 1000 hingga 1008 milibar dan masih dikategorikan dalam kondisi eksis di laut.

Tetapi jika tekanannya turun atnara 900-800 mili bar, akan terjadi siklon tropis ynag menimbulkan angin kencang hingga terjadi badai yang berdampak pada hujan lebat disertai guntur dan petir.

Menurut Agus untuk saat ini nahkan hingga tiga hari ke depan kondisi perairan di wilayah tenggara NTT bergelombang antara 1,5-2,00 meter, perairan luat Timor tinggi 2,5-3,0 meter dan Laut Arufuru 3,0-4,0 meter.

Sedangkan suhu muka laut di perairan sebelah selatan khatulistiwa yang masih cukup hangat, 33 derajat celcius, mendukung suplai uap air ke wilayah Indonesia bagian timur termauk tenggara NTT.

Selain itu, kelembaban udara di sebagian besar wilayah Indonesia terutama di Indonesia bagian Timur cukup besar yaitu mencapai 60 persen.

Ia menyebut secara keseluruhan wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang adalah Pesisir Barat Sumatera bagian Selatan – Sumatera bagian Tengah dan Selatan – Jawa, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Sebagian Jawa – Kalimantan bagian Tengah, Barat dan Selatan – Sulawesi bagian Barat, Tenggara dan Selatan – Beberapa daerah di Bali – Nusatenggara – Maluku Tenggara – Papua bagian Timur, Tengah dan Selatan.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS