My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Ayoo,.. Menyelam di Nusa Penida!!!

01 Desember
19:02 2008
Ayoo,.. Menyelam di Nusa Penida!!!

Gentry Amalo – indosmarin.com

Denpasar – Bagi para penyelam yang sudah pernah menyelam di sekitar perairan Nusa Penida – Bali, ayo kembali menyelam, jangan lupa bawa kamera foto dan video bawah air anda. Silahkan pasang mata anda baik-baik, karena ada lima jenis spesies ikan yang baru ditemukan pada akhir november lalu sedang menanti anda di bawah sana. Jadi selain Oceanic Sunfish atau Mola mola, perairan Nusa Penida juga ditinggali lima spesies ikan baru ini.

Menurut Project Leader CI – Indonesia untuk Nusa Penida, Iwan Dewantama, masih ada empat jenis spesies lagi yang masih belum dapat dikonfirmasi sebagai spesies baru, karena masih membutuhkan penelitian lebih lanjut di laboratorium.

Untuk mengetahui wujud spesies baru ini seperti apa, silahkan anda meng-klik nama-nama ikan tersebut. Semua foto ini merupakan foto karya Dr. Gerald Allen. Indosmarin.com menggunakannya setelah mendapatkan ijin dari CI Indonesia untuk disebarluaskan kepada para penikmat dunia bawah air Indonesia.

Berikut gambaran sementara kelima jenis spesies ikan baru yang ditemukan di kawasan perairan Nusa Penida – Bali. Kelima Jenis spesies ikan ini telah dipastikan sebagai spesies baru oleh Dr. Gerald Allen, ahli taksonomi ikan karang dunia, yang juga terlibat dalam penelitian sepuluh hari tersebut.

Chromis sp. Jenis ini berasal dari famili ikan damsel. Chromis sp. yang ditemukan di Nusa Penida merupakan ikan damsel terbesar dengan panjang 12 cm. Ikan berwarna oranye dengan ekor putih ini termasuk jenis ikan langka. Senang berenang di dearah berarus kuat pada kedalaman antara 20 sampai 50 meter. Ikan pemakan plankton ini, hidup secara berkelompok dalam jumlah yang relatif besar, sekitar 50 ekor per kelompok.

Priolepis 33 sp. Priolepis 33 sp. berasal dari kelompok ikan Gobi dengan panjang maksimal 3,5 cm. Ikan ini dapat ditemukan di balik karang atau batu di kedalaman 60 sampai 70 m  Spesies ini sangat istemewa dibandingkan Priolepis yang lain, karena salah satu tulang sirip punggungnya berukuran panjang dan berwarna putih. Pada umumnya Priolepis berwarna kuning dengan garis putih di tubuh bagian depannya. Tiap spesies Priolepis memiliki pola garis yang berbeda.

Priolepis 11 sp. Priolepis 11 sp. juga termasuk dalam kelompok Gobi dengan ukuran maksimal 3,5 cm. Ikan ini dapat dijumpai di balik batu atau spons pada kedalaman 50 sampai 70 m. Priolepis 11 sp. memiliki pola garis yang berbeda dengan Priolepis 33 sp.

Pseudochromis sp. Pseudochromis sp. berada dalam famili ikan dottyback. Habitat dari Pseudochromis sp. adalah perairan berarus kuat dengan kedalaman 25 sampai 60 meter. Ikan ini ditemukan dalam lubang-lubang kecil di balik karang, di sekitar Crystal Bay dan Tanjung Bias. Ikan yang hidup menyendiri ini, berwarna coklat kemerahan, serta ada garis kuning dan biru di bawah kelopak mata.

Trimma sp. Trimma sp adalah jenis Gobi lain yang hidup di kedalaman lebih dari 70 m. Panjang maksimal ikan ini hanya 2,5 cm. Ikan berwarna kuning dengan mata biru terang ini, hidup bersembunyi di dalam lubang-lubang kecil pada karang(*)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS