My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Australia Tetapkan Kawasan Konservasi Laut Terbesar di Dunia

16 November
12:30 2012

Australia

Jakarta – Pemerintah Australia, Jumat (16/11), menetapkan zona konservasi laut terluas di dunia dengan total cakupan mencapai 3,1 juta meter persegi lautan dan pesisir.

Menurut Menteri Lingkungan Hidup Australia Tony Burke, penetapan zona konservasi ini merupakan tonggak sejarah bagi upaya pelestarian ekosistem laut.

“Australia adalah rumah bagi banyak spesies laut dan pengumuman zona konservasi ini mengukuhkan posisi Australia sebagai pemimpin dalam upaya perlindungan lingkungan hidup,” ujar dia.

Seperti dikutip dari BBC, Jumat, Pemerintah Australia telah secara resmi menempatkan zonasi konservasi laut ke dalam hukum lingkungan hidup nasional, efektif per 16 November 2012.

Sebelum ini, Australia telah memiliki zona konservasi laut seluas 800 ribu meter persegi.

Selain penetapan wilayah zonasi konservasi, pemerintah juga menyediakan 100 juta dolar Australia (Rp1 triliun) sebagai dana kompensasi bagi dunia usaha perikanan.

Burke juga berpendapat bahwa zonasi konservasi laut di Australia hanya akan berpengaruh sangat kecil terhadap nilai produksi perikanan tanggap–kurang dari 1 persen.

Tapi tindakan pemerintah Australia ini mendapat tentangan keras dari kalangan industri perikanan dalam negeri.

Kantor Berita AFP mengutip Aliansi Laut Australia (The Australian Marine Alliance) mengatakan bahwa kebijakan ini akan menghilangkan 36.000 pekerjaan dan harga makanan laut akan melonjak.

Sementara itu pimpinan partai oposisi Tony Abbott mengaku turut mendukung upaya perlindungan lingkungan hidup, tapi khawatir kebijakan kali ini minim konsultasi atau bukti-bukti ilmiah sebagai pendukung.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS