My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Atasi Masalah Kelautan, DEKIN Kukuhkan Tenaga Ahli

22 Mei
15:43 2008

Nalasrestha – indosmarin.com

Jakarta – Goncangan harga minyak mentah dunia, turut mempengaruhi kondisi perekonomian Indonesia termasuk ekonomi maritim. Karena itu para tenaga ahli Dewan Kelautan Indonesia (DEKIN) wajib mendiskusikan dan mencari solusi terbaik bagi permasalahan di bidang kelautan. Demikian  diungkapkan Menteri Kelautan dan Perikanan, Freddy Numberi, selaku Ketua Harian Dewan Kelautan pada acara Pengukuhan Tenaga Ahli di lingkungan Dewan Kelautan Indonesia (DEKIN) di Gedung  Departemen Kelautan dan Perikanan (22/5).

Menurut Freddy, “Dilihat dari sudut pandang ekonomi, kelautan memiliki kemampuan sebagai pilar utama pembangunan ekonomi nasional, namun kenyataannya keberpihakan pada bidang kelautan relatif kecil.”  Freddy berharap, Tenaga Ahli Dewan Kelautan Indonesia dapat bekerja keras membantu Sekretaris Dewan Kelautan Indonesia dalam menyiapkan kebijakan-kebijakan di bidang kelautan, untuk diajukan kepada Presiden, agar nilai ekonomi yang terkandung di laut, baik sumberdaya alam maupun jasa kelautan  dapat  membantu mempercepat pembangunan ekonomi nasional.

Keberadaan Dewan Kelautan Indonesia sebagaimana tertuang dalam KEPPRES No.21 Tahun 2007, menjadi forum konsultasi yang bertugas memberikan pertimbangan kepada Presiden dalam penetapan kebijakan umum di bidang kelautan. Selain itu, Dewan Kelautan Indonesia diantaranya juga berfungsi melakukan kajian, pemberian pertimbangan serta merekomendasi kebijakan di bidang kelautan kepada Presiden.

Untuk memperlancar pelaksanaan tugas Dewan Kelautan Indonesia telah dibentuk Kelompok Kerja (Pokja) yang dipimpin seorang Tenaga Ahli. Adapun pokja ini bertugas mengkaji dan menyiapkan rumusan atau rancangan kebijakan di bidang kelautan. Dewan Kelautan Indonesia telah membentuk 7 Kelompok Kerja (Pokja) yang terdiri dari Pokja Hukum dan Kelembagaan, Pokja Pelayaran, Pokja Energi dan Sumberdaya Mineral, Pokja Perikanan, Pokja Pariwisata Bahari, Pokja Lingkungan Laut, serta  Pokja SDM dan IPTEK Kelautan.

Tenaga Ahli Dewan Kelautan Indonesia yang dikukuhkan Menteri Kelautan dan Perikanan selaku Ketua Harian DEKIN antara lain: Prof. Laksamana Pertama TNI (Purn) Kuntoro, SH. Ph.D sebagai Tenaga Ahli Bidang Hukum dan Kelembagaan; Dr. Elly Rasdiani Sudibyo, M.Sc sebagai Tenaga Ahli Bidang Lingkungan Laut; Ir. Abdul Alim Salam, M.Sc sebagai Tenaga Ahli Bidang Pariwisata Bahari; Dr. Ir. Moch. Fatuchri Sukadi, MS sebagai Tenaga Ahli Bidang Perikanan; Ir. Drs. Laksamana Pertama TNI (Purn) Bonar Simangunsong, M.Sc sebagai Tenaga Ahli Bidang Sumberdaya Manusia dan IPTEK ; Capt. B. J. Pitna sebagai Tenaga Ahli Bidang Pelayaran ; serta Dr. H. Muhammad Hikman Manaf, ME sebagai Tenaga Ahli Bidang Energi dan Sumberdaya Mineral.(*)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS