My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Asosiasi Rumput Laut Dorong Hilirisasi Secara Nasional

14 November
14:16 2012

petani rumput laut (ilustrasi)

Jakarta – Untuk memperkenalkan produk olahan laut nasional, pelaku usaha terus mengikuti pameran internasional yang menjadi tolok ukur daya saing Indonesia dalam industri makanan dan minuman kesehatan.

Industrialisasi perikanan perlu lebih ditingkatkan karena potensi Indonesia yang begitu besar sebagai negara kepulauan. Di masa mendatang, diharapkan lebih banyak produk-produk perikanan dan kelautan yang lebih berdaya saing, kata Ketua Asosiasi Rumput Laut Indonesia (ARLI), Safari Azis, di Jakarta, Rabu (14/11).

Selama ini, menurut Safari, Indonesia dikenal memiliki sumber bahan baku yang memadai, namun hilirisasinya belum berkembang dengan baik.

Dari komoditas rumput laut saja bisa menghasilkan `end product` 500 jenis lebih, ujarnya.

Dengan “end product” yang berdaya saing, lanjut Safari, diharapkan Indonesia bisa meraih pasar-pasar potensial di luar pasar domestik. Indonesia harus bisa lebih melakukan inovasi-inovasi serta meningkatkan penelitian dan teknologi untuk mendukung hilirisasi.

Indonesia bisa belajar dari negara yang lebih maju, bagaimana mereka bisa melakukan inovasi, formulasi, dan reformulasi hingga pada teknologi `processing`-nya. Selama ini, produsen di dalam negeri masih minim teknologi dalam proses produksi, paparnya.

Safari menambahkan, pihaknya mengapresiasi atas kerja sama dan koordinasi yang baik antara pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan pelaku usaha rumput laut sehingga potensi komoditas rumput laut nasional bisa lebih dikenal lagi di kancah internasional.

Kerja sama antara pelaku usaha dengan pemerintah bisa meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan, tandasnya.(Ant)

Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *