My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Aset Perang Pasifik Musnah Jadi Besi Tua

27 Oktober
03:41 2008
Aset Perang Pasifik Musnah Jadi Besi Tua

Jayapura

Hari Suroto – indosmarin.com

Jayapura – Kota Jayapura merupakan salah satu wilayah yang digunakan Panglima Perang Sekutu Kawasan Pasifik Jenderal Douglas Mc Arthur, sebagai basis atau pangkalan tentara Sekutu. Pantai Tanjung Ria menjadi basis G dan Ifar gunung menjadi markas komando Jenderal Douglas Mc Arthur.

Saat ini fakta di lapangan menunjukkan karena tuntutan ekonomi dan belum adanya perangkat hukum yang mengatur jual beli besi tua, menjadi ancaman hilangnya benda-benda peninggalan perang pasifik. Jeep-jeep tua dan ratusan tank amfibi di Pantai Hamadi, Base G dan Abepantai hilang tanpa bekas.

Bagi Mujib pengusaha besi tua di Tanah Hitam Abepura mengatakan, penjualan besi tua yang dilakukan di Kota Jayapura ini nantinya akan diangkut dengan kapal menuju Surabaya. “Jadi selama proses pengangkutan besi-besi tua ini belum ada suatu larangan dari pihak-pihak terkait sehingga proses penjualan besi tua tetap berjalan termasuk besi sisa Perang Pasifik,” kata Mujib.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Budaya dan Seni Kota Jayapura, George Awi membenarkan belum adanya Perda yang mengatur tentang larangan pengambilan benda-benda cagar budaya termasuk peninggalan benda-benda Perang Pasifik yang dijadikan sebagai proyek bisnis besi tua.

Melihat dan mendengar hilangnya peninggalan Perang Pasifik yang dijadikan obyek bisnis, maka George Awi menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan mencintai benda cagar budaya. “Saya juga menghimbau kepada pedagang besi tua untuk tidak membeli besi-besi peninggalan perang pasifik dan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang selalu mendukung program-program pariwisata dan kebudayaan,” ujar George Awi(Soe/Gen)


0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS