My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Arus Balik Pemudik di Bakauheni Terus Meningkat

04 September
02:53 2011

PT ASDP

Bakauheni – Arus balik pemudik dari Pulau Sumatera tujuan Jawa terus membeludak memadati Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Minggu (4/9) dini hari.

Berdasarkan pantauan AntaraNews.com, di Bakauheni, arus balik pemudik kendaraan maupun pejalan kaki terus berdatangan mengalir memadati pelabuhan tersebut.

Arus balik kendaraan semakin padat dibandingkan sebelumnya, yang didominasi oleh kendaraan roda empat atau mobil pribadi kemudian roda dua dan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dari Sumatera tujuan Jawa.

Kepadatan ini terjadi sejak Sabtu malam hingga Minggu dini hari dengan jumlah mencapai ribuan unit kendaraan memenuhi seluruh dermaga pelabuhan tersebut mulai dari dermaga I, II, III, IV dan dermaga V.

Lalu, berdasarkan pengamatan langsung kendaraan antre berjam-jam menunggu giliran masuk kapal sementara antrean tidak putus hingga keluar pelabuhan bahkan menumpuk.

Selain itu, karena areal parkir semua dermaga dipadati kendaraan maka sebagian kendaraan antre di jalan-jalan menuju dermaga sementara areal parkir telah terisi penuh antrean kendaraan termasuk dermaga plengsengan.

Untuk setiap areal parkir dermaga membutuhkan dua sampai tiga kapal feri untuk mengangkut semua kendaraan tersebut menyeberang, sementara kendaraan terus berdatangan sehingga kendaraan tetap memenuhi dermaga pelabuhan.

Sementara itu, penumpang pejalan kaki juga terus berdatangan memadati loket anteran namun jumlahnya sudah berkurang dibandingkan dengan sebelumnya yang antre di loket elektronik.

Kepala Cabang PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Yanes Lentenga, mengatakan, di Bakauheni, pada H+3 ini merupakan puncak arus balik dari Pulau Sumatera tujuan Jawa.

Dia mengatakan, data sementara hingga pukul Sabtu tengah malam pukul 00.00 WIB jumlah pemudik telah mencapai sekitar 100.101 orang, 11.200 unit kendaraan roda dua, 9.630 roda empat, 73 bus, 112 truk berbagai jenis yang telah menyeberang.

Menurutnya, rekapitulasi data pemudik pada H+3 terakhir hingga Minggu pagi pukul 08.00 WIB sehingga pada puncak arus balik ini jumlahnya akan terus bertambah karena arus balik pemudik mengalir deras dari arah Kota Bandarlampung.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS