My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Aremania Tanam Bibit Mangrove di Pantai Bengkung

 Breaking News
28 Februari
20:24 2016
Aremania Tanam Bibit Mangrove di Pantai Bengkung

Malang – Ribuan suporter Arema atau Aremania yang tergabung dalam Program Arek Malang Cinta Lingkungan menanam 2.500 batang bibit mangrove dan mahoni di pesisir Pantai Bengkung, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Minggu.

Penanaman ribuan batang bibit mangrove dan mahoni itu, tidak hanya dihadiri oleh Aremania dan Aremanita, tetapi juga perwakilan dari manajemen Arema, Lanal Malang yang dikomandani oleh Danlanal Kolonel Laut Ruddy Sutanto, Perhutani dan Pemkab Malang yang dihadiri langsung oleh Bupati Malang Rendra Kresna .

Menurut Media Officer Arema Sudarmaji, tujuan diselenggarakannya acara penanaman bibit mangrove dan mahoni tersebut sebagai bentuk rasa syukur manajemen Arema berserta Aremania atas kesuksesan Singo Edan dalam dua kali turnamen.

“Ini merupakan acara tasyakuran atas direngkuhnya juara Bali Island Cup,” ujar Sudarmaji di sela acara di Pantai Bengkung.

Ia mengemukakan penanaman pohon mangrove dan mahoni yang dipusatkan di Pantai bengkung itu bertujuan membangun kepedulian lingkungan dari Arema dan Aremania serta masyarakat luas.

“Kita tidak hanya peduli pada tim saja, tapi juga pada lingkungan yang ada di sekitar kita,” ucapnya.

Selain menanam bibit mangrove dan mahoni, juga digelar lomba sepak bola pantai, beberapa permainan tradisional dan panggung hiburan di kawasan pantai itu.

Sementara itu, Kolonel Laut (p) Rudy Sutanto menilai acara Arek Malang Cinta Lingkungan tersebut cukup sukses. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara TNI AL, Perhutani, Manajemen Arema dan Aremania. Aremania merupakan satu-satunya suporter yang cinta lingkungan.

“Aremania ini luar biasa, kecintaan mereka tak hanya pada klub, tapi juga lingkungan,” katanya.

Danlanal berharap penanaman mangrove dan mahoni tersebut tak hanya sekadar seremoni saja, pertumbuhan tanaman juga harus dipantau, sementara tanaman lain yang sudah tumbuh juga harus dipelihara.

“Kami tak ingin selesai di sini. Tanaman yang sudah hidup ya tolong dijaga, jangan sampai gundul,” ujarnya.

Ia mengatakan di Malang, ada sekitar 560 hektare lahan di sekitar pantai yang gundul. Oleh karena itu, pada tahun berikutnya, penanaman bibit pohon harus terus dilakukan. Setiap tahun Lanal sudah menanam lebih dari 10 ribu bibit pohon, dan ke depan ingin terus mengajak Aremania.

“Tanah yang gundul perlu reboisasi dan itu butuh jangka panjang. Mangrove saja tumbuh 3 sampai 4 tahun, karenanya Aremania pasti kami ajak. Saya berterima kasih pada semua pihak. Semoga tahun depan bisa ada lagi, namun dilaksanakan di pantai lain,” katanya.

Bupati Malang yang juga Presiden Kehormatan Arema, Rendra Kresna berharap acara cinta lingkungan itu tidak hanya berhenti di sini saja.

“Ke depan Pemkab Malang berharap kegiatan ini bisa berlangsung terus tiap tahun, sebab masih banyak pantai di Malang selatan yang gundul dan rusak, sehingga butuh penanganan serius,” kata Rendra.(Antaranews.com)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *