My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Antisipasi Teror, AL India Operasikan UAV Mulai Januari Ini

06 Januari
23:23 2011
Antisipasi Teror, AL India Operasikan UAV Mulai Januari Ini

UAV Heron buatan Israel

New Delhi – Angkatan Laut India mulai mengoperasikan pesawat intelijen di pesisir barat negara Gujarat dengan tujuan untuk melacak tindak teror dan ancaman biasa yang berasal dari laut di luar wilayah perbatasan setiap saat.

Menurut The Times of India, skuadron pesawat tak berawak (UAV) dengan sandi INAS 343 ini terdiri dari UAV pelacak “Heron” buatan Israel yang akan secara resmi bertugas di kota bahari Porbandar mulai 17 Januari ini.

Pangkalan UAV baru ini didirikan di saat India berupaya untuk memperkuat struktur keamanan perairannya yang pernah mengalami serangan teror Mumbai pada 2008 lalu yang menewaskan sebanyak lebih dari 170 orang termasuk warga negara asing.

Serangan tersebut terjadi setelah sekitar sepuluh gerilyawan memasuki kota melalui jalur laut dari Karachi di Pakistan yang kemudian melakukan tindak kekerasan.

Angkatan Laut India baru-baru ini mengoperasikan tambahan dua UAV strategis canggih, Heron yang sanggup terbang pada ketinggian menengah dan memiliki daya operasi yang lama (MALE) serta dapat mengusung beban seberat 250 kilogram pada sekitar 50 jam terbang tanpa harus mengisi bahan bakar, kata laporan itu.

Menurut laporan tersebut, pesawat itu digabungkan kepada skuadron yang telah memiliki delapan UAV pelacak IIs serta empat Heron.(Ant)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS