My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Angie: Hutan Mangrove Dapat Menjadi Benteng Bencana

11 April
06:14 2011
Angie: Hutan Mangrove Dapat Menjadi Benteng Bencana

Angelina Sondakh

Jakarta – Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Angelina Sondakh mengingatkan tentang pentingnya upaya pengelolaan potensi hutan bakau atau mangrove sebagai benteng perlindungan terhadap resiko bencana di Indonesia.

Menurut Angie, kesadaran yang kurang bagi pelestarian hutan mangrove akan berdampak bagi minimnya pertahanan kita terhadap bencana.

Angie menambahkan, seharusnya Indonesia banyak belajar dari kejadian bencana yang lalu seperti tsunami Aceh dan Nias pada 2004 serta bencana tsunami Jepang 2011 baru-baru ini.

“Bahwa kerusakan yang besar dan korban yang banyak disebabkan karena semakin terbatasnya keberadaan hutan mangrove,” papar Angie.

Padahal Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang sebenarnya sangat potensial untuk melestarikan hutan bakau.

“Karena itu, saya sangat mengimbau agar perlunya kita memiliki kesadaran tinggi tentang pentingnya rehabilitasi hutan mangrove sebagai benteng terhadap terjangan tsunami yang sangat mungkin melanda wilayah-wilayah tertentu,” ujarnya.

Guna kepentingan tersebut, Angie berharap agar Pemerintah melalui Kementerian Kehutanan dan Kementerian Lingkungan Hidup mulai bergiat dan segera merencanakan serta melaksanakan program bagi rehabilitasi hutan mangrove secara optimal.

“Ini penting sekali demi terciptanya alam yang bersahabat dengan manusia, sehingga dapat mendukung lestarinya ibu pertiwi,” pungkasnya.(Ant)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS