My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

AL Indonesia – Amerika Kerjasama Atasi Teroris di Laut

01 Juni
13:29 2011
AL Indonesia – Amerika Kerjasama Atasi Teroris di Laut

USS Tortuga (LSD 46)

Jakarta – TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) berkomitmen untuk bersama-sama menangani kejahatan di laut, terutama terorisme dan perompakan.

“Kami siap untuk meningkatkan materi latihan disesuaikan dengan ancaman yang lebih tinggi yang terjadi pada masa depan,” kata Komandan Satgas Latihan “Cooperation Afloat Readiness and Training” (CARAT) 2011 Kolonel Dave Welch, di Jakarta, Rabu (1/6).

Ditemui usai menutup latihan bersama TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut AS bersandikan “CARAT”, Kolonel Dave Welch mengatakan pihaknya siap untuk membahas sejumlah materi yang akan dikerjasamakan dalam latihan bersama TNI Angkatan Laut.

Welch mengemukakan latihan bersama dengan TNI Angkatan Laut yang selama ini dilakukan telah memberikan manfaat strategis bagi kedua pihak terutama untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit matra laut kedua negara.

“Karena itu, kami akan berupaya untuk meningkatkan materi latihan pada latihan bersama di tahun mendatang,” katanya menambahkan.

Welch mengatakan beberapa materi tambahan yang akan dibahas adalah pendaratan amfibi, penyelaman, dan materi lain termasuk penanganan kejahatan laut seperti terorisme dan perompakan.

Welch juga mengatakan kerja sama angkatan laut kedua negara dapat meningkatkan hubungan kedua negara yang telah berjalan baik.

“CARAT” merupakan salah satu pendukung Kemitraan Komprehensif AS-Indonesia yang ditandatangani Presiden Barack Obama dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada November 2010, utamanya peningkatan kerja sama antara kedua negara dalam bidang pengamanan maritim dan bidang pertahanan lainnya.

Latihan bersama yang rutin dilakukan itu bertujuan memelihara hubungan baik militer terutama angkatan laut kedua negara, tercapainya peningkatan koordinasi, dan kerja sama taktis antara satuan TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut AS.

Latihan juga bertujuan tercapainya penyerapan teknologi informasi dan prosedur taktis yang digunakan Angkatan Laut AS baik dalam Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Pada CARAT 2011 tercatat sekitar 1.600 personel Angkatan Laut AS dan Korps Marinir AS dilibatkan dalam kegiatan ini . Kapal perang AS yang mengikuti latihan tersebut antara lain kapal pendaratan USS Tortuga (LSD 46), kapal penghancur berpeluru kendali USS Howard (DDG 83), serta kapal frigat USS Reuben James (FFG 57).

Di samping itu, ada peserta tambahan seperti pasukan pendaratan amfibi Marinir, pasukan U.S. Navy Seabees, P-3C Orion, serta helikopter SH-60 Seahawk.

Sementara itu TNI AL mengerahkan empat kapal perang, tiga helikopter dan lima sekoci pendarat. (Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *