My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Aktifis Yoga Lakukan Aksi bersih Pantai Sanur

26 November
11:21 2008
Aktifis Yoga Lakukan Aksi bersih Pantai Sanur

Ira Sofyanti – indosmarin.com

Sanur – Bertempat di Pantai Sanur – Bali, ratusan aktifis dan relawan Seni Hidup melakukan aksi bersih pantai. Aksi yang dimulai sejak pukul 09.00 pagi ini, dilakukan dengan cara menyusuri pantai sambil memungut sampah plastik dan dikumpulkan ke dalam kantong besar untuk dimusnahkan.

Setiap tahun, sedikitnya enam juta ton sampah memasuki lautan. Pada setiap kilometer perseginya diperkirakan berisi sekitar 18 ribu sampah plastik yang mengapung. Keberadaan sampah plastik di lautan ini telah mengganggu dan merusak kehidupan liar satwa dan ikan laut, termasuk jutaan burung laut.

Mike O’Leary, Presiden Yayasan ROLE mengatakan bahwa, “Penyu tidak bisa membedakan antara ubur-ubur dengan tas plastik, burung-burung laut akan selalu memakan apapun yang terlihat mengambang, karena tidak bisa membedakan antara makanan alamiah mereka dengan sikat gigi ataupun puntung rokok. Plastik-plastik ini tidak dapat rusak dan akan terkumpul dalam perut satwa liar tersebut yang secara perlahan akan menyebabkan kematian karena kelaparan.

Selanjutnya O’Leary menambahkan bahwa sebagai negara yang memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia, Indonesia tidak dapat mengabaikan keberadaan sampah plastik ini, karena Indonesia merupakan garis terdepan dalam menyelamatkan lautan dunia.

Ratusan aktifis dan relawan gerakan Seni Hidup adalah para praktisi Yoga dan Meditasi binaan Sri Sri Ravi Shankar, seorang mahaguru yoga dan meditasi asal India(*)

Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS