My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Akibat Kurang Dana, Konservasi Penyu Pulau Serangan Terancam Ditutup

20 Februari
10:17 2009
Akibat Kurang Dana, Konservasi Penyu Pulau Serangan Terancam Ditutup

Denpasar – Pusat Pendidikan dan Konservasi Penyu (TCEC) di Pulau Serangan, Denpasar Bali, terancam ditutup. Padahal sebagai lembaga konservasi TCEC telah mampu melakukan konservasi dan penyedaran terhadap masyarakat Bali akan kepunahan satwa langka penyu.

Kepala Pusat Pendidikan dan Konservasi Penyu (TCEC) Wayan Geriya ketika ditemui di Tanjung Bungkak (20/2) menyatakan TCEC terancam tutup karena tidak ada lagi bantuan dana operasional dari pemerintah provinsi Bali. TCEC juga selama ini tidak lagi mendapatkan pasokan telur dan tukik atau anak penyu dari Badan Konservasi dan Sumber daya Alam (BKSDA) Bali.

Belum lagi selama ini TCEC sering mendapat tudingan miring sebagai lembaga bisnis, padahal pelepasan penyu oleh TCEC bersama lembaga-lembaga tertentu bertujuan sebagai sarana konservasi.

“Kita seolah dituding bisnis dengan pelepasan tukik yang trend sekarang. Itu memang mendapatkan dana adopsi public. Tetapi dana tersebut belum bisa kita sharing karena masih memenuhi perlengkapan” jelas Wayan Geriya.

Kepala TCEC Wayan Geriya menambahkan sejak TCEC berdiri perdagangan penyu di Bali mengalami penurunan. Sebelumnya perdagangan penyu di Bali mencapai 300.000 ekor pertahun. Namun pada tahun 2008 mengalami penurunan hingga 100 ekor penyu pertahun.(Mul)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS