My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Akibat Abrasi, 84 Km Bibir Pantai Utara Rusak

05 September
18:38 2008

Jingga Fajar – indosmarin.com

Semarang – Sekitar 84 km bibir pantai di bagian Utara Jawa Tengah mengalami kerusakan akibat abrasi yang melanda kawasan pesisir, kata Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pemilik – Juana, Hartanto di Semarang, Jumat (05/08)

Panjang bibir Pantai Utara Jateng mencapai 441 km, membanting dari wilayah Bribes hingga Kembang, katanya. Kerusakan yang terjadi telah sampai di sekitar kawasan pemukiman penduduk.

Pada 2008, APBN hanya menganggarkan sekitar Rp9 miliar, jauh lebih rendah dibanding anggaran untuk Pulau Bali yang mencapai ratusan miliar rupiah.

Dengan dana yang terbatas, berbagai upaya yang telah dilakukan untuk melakukan rehabilitasi pantai antara lain membangun pemecah ombak serta menebar batuan di sekitar pantai.

Rehabilitasi tidak hanya dilakukan kawasan pantai, namun juga di sekitar muara sungai yang masuk ke laut. Keterbatasan anggaran pemeliharaan kawasan pantai menyebabkan proses rehabilitasi dilakukan bertahap hingga tahun 2014.

Sejumlah pantai yang mengalami kerusakan cukup luas di antaranya pantai Sayung Demak, Pantai Maribaya Tegal dan Pantai Kedung Semat Jepara.(Ant.)

Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS