My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Admiral Penteleyev Akan Kunjungi Singapura dan Indonesia

16 Mei
13:06 2011
Admiral Penteleyev Akan Kunjungi Singapura dan Indonesia

Admiral Panteleyev

Vladivostok – Armada Kapal Perang Rusia, “Admiral Panteleyev” akan mengunjungi Singapura dan Indonesia pada 16-27 Mei guna ikut serta dalam pameran pertahanan laut IMDEX-2011.

Selain itu Admiral Panteleyev juga akan mengadakan latihan gabungan dengan TNI Angkatan Laut.

Adapun acara Pameran Internasional Pertahanan Laut (IMDEX) Asia ini dilaksanakan dua kali setahun dan akan berlangsung di Singapura pada 17-19 Mei 2011.

“Kapal perang Rusia pernah mengambil bagian dalam pameran itu beberapa kali sebelumnya,” kata juru bicara armada Kapten Roman Martov.

“Sebagai contoh, kapal induk Rusia “Varyag” yang juga merupakan kapal komando untuk Armada Rusia di Pasifik, pernah mengunjungi Singapura dalam acara yang sama pada 2009,” jelas Roman Martov.

“Admiral Panteleyev”, merupakan kapal jenis destroyer kelas Udaloy. Kapal ini akan berpada di Singapura hingga 20 Mei sebelum berangkat ke Indonesia guna berpartisipasi dalam latihan anti-perompak dengan TNI AL.

“Selama kunjungan, kapal perang Rusia dan Indonesia akan melakukan beberapa latihan anti-perompak,” kata Martov menambahkan misi simulasi akan melibatkan penyelamatan dari kapal tanker yang dikuasai oleh perompak.

Menurut rencana kapal perusak Rusia ini akan berlabuh di pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, pada 25-27 Mei.

“Admiral Panteleyev” pernah ikut dalam misi penumpasan perompak internasional di pesisir Somalia pada 2009.

Kapal perang ini berhasil merebut kapal pengangkut 29 perompak Somalia yang terlibat dalam serangan terhadap kapal tanker berawak Rusia yang sedang berlayar menuju Singapura.

Selain itu “Admiral Panteleyev” juga pernah mencegah serangan perompak terhadap kapal kargo saat mengawal konvoi berisi enam kapal dagang.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *