My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

500 Pengungsi Libya Diselamatkan di Lepas Pantai Italia

08 Mei
18:02 2011
500 Pengungsi Libya Diselamatkan di Lepas Pantai Italia

Kapal pengungsi asal Libya kandas di Italia

Pulau Lampedusa – Sebanyak 500 pengungsi asal Libya, Minggu (8/5) dini hari diselamatkan petugas penjaga pantai di Pulau Lampedusa, Italia Selatan, setelah kapal yang membawa mereka kandas menabrak karang saat akan mendekati pelabuhan.

Kandasnya kapal pegungsi ini membuat panik penumpang kapal dan kemudian terpaksa menceburkan diri ke laut dangkal dan berusaha berenang menuju pantai terdekat.

Para pengungsi Libya ini berasal sebagian besar merupakan pekerja migran dari sub-Sahara Afrika dan Asia yang telah lama menetap di Libya.

Penjaga pantai yang melihat peristiwa tersebut segera turun tangan dan membantu mengeluarkan perempuan dan anak-anak dari air dan menyelamatkan mereka yang masih di atas kapal.

AFP menyebutkan gambar di siaran televisi lokal menunjukkan kekacauan proses evakuasi para pengungsi yang dibantu perahu nelayan dan para penyelam.

“Ada sekitar 500 orang di kapal itu. Situasi yang sulit. Kapal patroli kami tidak bisa mendekat karena dekat air dangkal,” kata Antonio Morana, juru bicara penjaga pantai.

Sementara rekannya yang bernama Vittorio Alessandro, mengatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

“Kami berhasil menyelamatkan semua penumpang. Kami yakin tidak ada korban,” katanya.

Menurut Vittorio Alessandro, kapal itu sebelumnya telah menuju Malta dan dikawal oleh penjaga pantai Malta tetapi kemudian mengubah rutenya menuju Pulau Lampedusa.

Akibat insiden ini beberapa pengungsi mengalami luka ringan dan telah dirawat di rumah sakit.(AFP/Gen)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *