My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

40 % Terumbu Karang Bali Mengalami Pemutihan

23 Juni
11:24 2009
40 % Terumbu Karang Bali Mengalami Pemutihan

trumbukarang1Renon – Hasil Rapid Assesment atau Penelitian cepat yayasan pemerhati trumbu karang Reef Check Indonesia menyebutkan 40 persen terumbu karang di Bali mengalami pemutihan. Pemutihan ini terjadi diduga sebagai dampak dari pemanasan global.

Kondisi ini dibuktikan dengan suhu air laut pada saat penyelaman yang tercatat rata-rata mencapai 29-30 derajat celcius.

Selain itu pemutihan terumbu karang terjadi menyebar di area antara Pantai Pemuteran  dan Amed. Dimana panjang garis pantai antara Amed dan Pemuteran mencapai 120 km.

Direktur Reef Check Indonesia, Naneng Setiasih kepada Indosmarin.com di Renon (23/6) menyebutkan pemutihan terumbu karang yang paling parah di Bali berada di Pantai Amed.

“Kondisi terparah untuk sementara yang kita temukan adalah di Amed, itu sekitar 55% karang kerasnya itu memutih, yang paling sedikit memutihnya itu di pemuteran” ujar Naneng Setiasih.

Naneng Setiasih juga menambahkan secara umum pemutihan karang yang paling parah terjadi pada kedalaman kurang dari 10 meter. Dimana pemutihan karang yang terjadi hampir 90%.

Sedangkan berdasarkan catatan Reef Check Indonesia, pemutihan terumbu karang terbesar di Bali terjadi pada 1997-1998. Bersamaan dengan pemutihan masal global.(002)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS