My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

2017 Mendatang, TNI AL Segera Miliki Pengganti KRI Dewaruci

 Breaking News
02 Februari
19:40 2016
2017 Mendatang, TNI AL Segera Miliki Pengganti KRI Dewaruci

Jakarta – Pada 2017 mendatang, TNI AL akan segera milik kapal latih AL pengganti KRI Dewaruci yang sudah akan memasuki masa pensiun.

Ada beberapa keistimewaan dari kapal latih yang sekarang sedang dikerjakan di salah satu galangan kapal di Spanyol, yakni instrumen navigasi pelayarannya yang lebih canggih, instrumen pemurnian air laut menjadi air tawar, hingga alat komunikasi dan data digital.

“Akomodasinya juga lebih baik dan lebih representatif ketimbang kapal layar yang telah kita punya,” ujar Komandan Satuan Tugas Pengadaan Kapal Layar Latih TNI AL, Laksamana Pertama TNI Didin Z Abidin

Direncanakan, kapal layar tiang tinggi baru TNI AL ini akan berlayar perdana pada Mei 2017 untuk kemudian dilayarkan ke Tanah Air pada Juli 2017 nanti.

Dengan ukurannya yang besar itu, kapal layar tiang tinggi baru TNI AL yang belum diberi nama itu akan ditempatkan di dermaga tersendiri di dalam lingkungan Markas Komando Armada Kawasan Timur TNI AL, di Surabaya.

Kapal layar tiang tinggi baru TNI AL ini akan masuk klub elit kapal layar tiang tinggi ukuran di atas 100 meter. Mereka termasuk Esmeralda milik AL Chile dan Kruzenshtern dan Sedov milik AL Rusia. Juan Sebastian de Elcano milik AL Spanyol.

Kapal layar tiang tinggi baru TNI AL ini akan menggantikan KRI Dewaruci yang telah dioperasikan sejak 1953. Dari lambung kapal layar tiang tinggi legendaris TNI AL inilah lahir semua pemimpin TNI AL dari dulu hingga kini.

KRI Dewaruci telah dua kali berlayar keliling dunia, yaitu pada 1964 dan 2010. Berbagai trofi, penghargaan, pengakuan, dan penghormatan layar internasional telah diraih KRI Dewaruci.

Di antaranya adalah Trofi Cutty Sark, sebagai kapal tercepat dan paling tepat dalam berlayar dalam turnamen layar internasional di Amerika Serikat. Ini adalah salah satu trofi layar tiang tinggi paling bergengsi di dunia.

Sebelum Tentera Laut Diraja Malaysia memiliki kapal layar Tunas Samudera, KRI Dewaruci menjadi satu-satunya kapal layar tiang tinggi dan kapal latih di ASEAN.

Sekalipun telah ada beberapa kapal layar tiang tinggi dan kapal latih di ASEAN, namun reputasi dan kharisma KRI Dewaruci yang secara resmi difungsikan Akademi TNI AL dan Komando Armada Kawasan Timur Indonesia TNI AL itu belum tergantikan.(Antara)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS