My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

2015 Pembangunan Dermaga BICT Medan Dijadwalkan Selesai

09 Agustus
15:01 2012

Medan – PT Pelabuhan Indonesia I menyatakan pembangunan dermaga sepanjang 700 meter di terminal peti kemas internasional Pelabuhan Belawan Medan atau “Belawan International Container Terminal” dimulai tahun ini dan direncanakan selesai 2015.

“Anggaran untuk perpanjangan dermaga di BICT (Belawan International Container Terminal) untuk tahap awal dialokasikan sebesar Rp3 triliun,” kata Humas PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I M.Eriansyah di Medan, Kamis (9/8).

Proyek dermaga baru BICT sepanjang 700 meter ke arah laut tersebut dikerjakan oleh dua perusahaan jasa konstruksi BUMN, masing-masing PT Hutama karya dan PT Wijaya Karya.

Bila pembangunan dermaga itu selesai 2015, panjang dermaga di BICT akan bertambah dari 950 meter menjadi 1.650 meter.

Menurut Eriansyah, pembangunan perpanjangan dermaga BICT bertujuan untuk lebih mengoptimalkan kinerja pelayanan bongkar muat peti kemas dari 1,3 juta twenty equivalent units (TEUs) menjadi dua juta TEUs per tahun.

Selain memperluas dermaga, pihaknya juga akan menambah sejumlah peralatan pendukung. Saat ini BICT hanya memiliki 11 unit container crane, 26 unit rubber gantry crane, dua unit harbour mobile crane, 10 unit reach stacker, tiga unit side loader, 55 unit head truck dan 56 unit chasis.

Ia menambahkan optimalisasi pelayanan di Pelabuhan Belawan harus dilakukan oleh Pelindo I agar mampu ikut berperan lebih maksimal menjawab geliat perdagangan di kawasan Selat Malaka.

Selat Malaka dewasa ini merupakan salah satu jalur maritim tersibuk dunia yang dilalui lebih dari 50.000 unit kapal setiap tahun.(Ant)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS