My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

18 Negara Asia Sepakati Kerjasama Pengamanan Laut Bersama

27 Juli
12:29 2009
18 Negara Asia Sepakati Kerjasama Pengamanan Laut Bersama

nomadKuta – Sekitar delapan belas negara Asia sepakat untuk melakukan kerjasama pengamanan laut bersama di kawasan Asia.

Kerjasama ini bertujuan untuk memberikan jaminan keamanan terhadap pelayaran di wilayah Asia.

Hal ini terungkap dalam Pertemuan Ke-5 Kepala Pengamanan Laut se-Asia di Kuta, Bali pada Senin (27/7).

Kepada Indosmarin.com, Dicky R. Munaf, Sekretaris Pelaksana Harian Badan Koordinasi Keamanan Laut mengatakan bahwa kesepakatan kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan tahun lalu di Filipina.

Menurut Dicky R Munaf, aplikasi dari kerjasama pengamanan laut bersama di wilayah Asia ini, kini masih dalam tahap penyusunan standar operasi bersama.

“Kalau kita bicara masalah keamanan laut, laut itu tidak mempunyai batas nyata. Mau tidak mau harus ada kerjasama baik informasi, patroli atau apapun yang perlu kita realisasikan, karena terkait antar negara tentu harus membuat SOP” ujar Dicky.

Selanjutnya Dicky R. Munaf juga menambahkan bahwa Indonesia sendiri telah melakukan kerjasama pengamanan laut dengan Malaysia. Standar operasi dari kerjasama tersebut menurut rencana akan selesai pada November ini yang selanjutnya ditindak lanjuti dengan latihan pengamanan laut bersama.(Mul)

1 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS