My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

140 Penumpang KM Wihan Sejahtera Dievakuasi dari Teluk Lamong

 Breaking News
16 November
17:11 2015
140 Penumpang KM Wihan Sejahtera Dievakuasi dari Teluk Lamong

Surabaya – Sebanyak 140 korban peristiwa tenggelamnya Kapal Motor (KM) Wihan Sejahtera dievakuasi dari Pelabuhan Internasional Teluk Lamong, Surabaya, Jawa Timur dalam keadaan selamat.

Kepala Humas Pelabuhan Teluk Lamong Reka Yusmara Mardiputra, Senin mengatakan, seluruh korban tersebut langsung dilarikan ke Rumah Sakit “Port Health Centre” (PHC) dan Gapura Surya Nusantara (GSN) untuk mendapatkan penanganan dan perawatan.

“Total manifest atau jumlah keseluruhan penumpang saya kurang paham, namun evakuasi yang kita lakukan berhasil menyelamatkan 140 korban dari kapal tenggelam,” kata Reka di Teluk Lamong.

Sementara kondisi kapal menurut Reka saat ini telah tenggelam ke dasar laut dan menunggu mesin kapal mati untuk evakuasi selanjutnya demi keselamatan perairan Teluk Lamong.

“Kita biarkan tenggelam dulu, dan setelah itu kita lakukan evakuasi lainnya, sebab apabila tidak dimatikan nanti mesin kipas kapal nyala terus, dan itu bahaya,” kata Reka.

Rencananya, tim penyelamat akan menunggu hingga malam nanti agar kapal benar-benar tenggelam di dasar laut dan mesin dalam kondisi mati.

“Kapal tenggelam di kedalaman hingga 16 meter, dan itu termasuk dalam, dengan jarak dari pelabuhan antara 150 hingga 200 meter,” katanya.

Kepala Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP), Wismantono mengaku jumlah penumpang di kapal itu mencapai sekitar 153 orang, dan kemungkinan jumlahnya lebih banyak karena kapasitas kapal mencapai 600 orang.

Sebelumnya, KM Wihan Sejahtera dilaporkan tenggelam di depan Dermaga Teluk Lamong, Surabaya pada Senin sekitar pukul 09.30 WIB.

KM Wihan Sejahtera mempunyai tujuan Surabaya-Ende dan berakhir di Pelabuhan Maumere serta membawa sekitar 153 penumpang.(Antara)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *