My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

1.349 Penyu Mendarat di Pantai Jember

07 Januari
16:50 2009
1.349 Penyu Mendarat di Pantai Jember

Jember – Sedikitnya 1.349 ekor penyu dari berbagai jenis mendarat di Pantai Sukamade Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) Jember, Jatim, selama tahun 2008. “Sebagian besar penyu yang mendarat di pantai Sukamade adalah penyu hijau (Chelonia mydas),” kata Kepala Tata Usaha TNMB, Sumarsono, di kantornya di Jember, Rabu (07/1)

Menurut Sumarsono, dari 1.349 ekor penyu yang mendarat, 571 ekor penyu yang bertelur dan menghasilkan telur sebanyak 65.146 butir telur. “Namun hanya 31.452 butir telur atau 48 persen saja yang menetas dan dilepas ke laut sedangkan sisanya dicuri atau terkendala faktor lain,” katanya menambahkan.

Kepada Antara, Sumarsono menjelaskan, jumlah penyu yang naik ke pantai Sukamade tahun 2008 merupakan jumlah tertinggi sejak tahun 1985 (1.411 ekor). Sedangkan jumlah telur yang dihasilkan sebanyak 65.146 butir merupakan jumlah telur tertinggi dalam enam tahun terakhir.

“Saya berharap tahun ini jumlah penyu yang naik dan bertelur semakin bertambah,” katanya berharap.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (KSPTN) Wilayah I Sarongan, TNMB Wiwied Widodo, mengatakan banyaknya penyu yang naik ke pantai Sukamade menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanagera (wisman) maupun wisatawan domestik.

“Saya yakin pantai Sukamade merupakan habitat penyu yang paling baik dibandingkan pantai lain,” katanya menambahkan. Menurut dia, menjaga kelestarian satwa yang dilindungi seperti penyu yang hampir punah diperlukan kerja keras dari petugas TNMB agar tidak ada lagi telur penyu yang dicuri.(Ant.)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS