My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

130 Marinir Bertolak ke Ambalat

27 Januari
18:39 2010
130 Marinir Bertolak ke Ambalat

Surabaya – Sekitar 130 prajurit Korps Marinir TNI AL yang tergabung dalam Satuan Tugas Ambalat X, akhir pekan ini, berangkat menuju Perairan Ambalat dengan menggunakan KRI Teluk Lampung-540.

“Personel Satgasmar dengan Komandan Satgas Lettu Marinir Imam Syafi`i itu berangkat dari dermaga D Koarmatim Surabaya, Sabtu (2/1),” kata staf Dinas Penerangan Korps Marinir, Serda Mar Kuwadi di Surabaya, Minggu (3/1).

Ia mengatakan, mereka akan menggantikan rekan-rekannya yang sudah sembilan bulan bertugas dengan Komandan Satgas Kapten Marinir Budi Santosa dari Batalyon Infanteri-3 Marinir.

“Satgas Ambalat X akan menempati lima pos yakni Pos Sei Bajau, Pos Sei Taiwan, Pos Balansiku, Pos Sembaring, dan Pos Bambangan,” katanya.

Kelima pos itu berada di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI (Mar) I Wayan Mendra telah melepas keerangkatan prajurit Korps Marinir dalam Satgasmar Ambalat X itu dengan upacara resmi di lapangan apel Yonif-1 Marinir, Tanjung Perak, Surabaya, pada 28 Desember 2009.

“Komandan Pasmar-1 menyatakan tugas yang diemban Satgas Ambalat itu sangat mulia, karena operasi yang dilaksanakan di perairan Ambalat untuk mempertahankan wilayah dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” katanya, mengutip pernyataan Danpasmar-1. (Ant)

Share
Subscribe via RSS